Cara Bisnis Beras Organik Agar Untung Besar


Pertanianku — Kita tahu bahwa kini sesuatu yang berbau organik pasti akan laku di pasaran. Masyarakat semakin berlomba-lomba untuk hidup sehat dengan mengonsumsi makanan organik, salah satunya, yaitu beras organik.

beras organik.
Foto: Dok. Pertanianku

Beras organik tidak memakai bahan kimia dalam proses penanamannya. Alhasil, memang baik bagi tubuh.

Permintaan pasar terhadap beras organik pun semakin tinggi. Tentunya ini dapat menjadi peluang yang menjanjikan bagi Anda. Berikut ini kiat-kiat yang dapat Anda gunakan bila ingin membuka peluang bisnis beras organik.

Buat merek semenarik mungkin

Tiap-tiap beras yang ada di pasaran tentu memiliki merek tertentu. Bila Anda ingin memanfaatkan peluang bisnis beras organik, Anda mesti mempunyai merek dagang yang menarik. Apalagi bila Anda ingin memulai menciptakan pasar beras organik yang baru. Buatlah merek yang gampang diingat oleh semua orang.

Merek (branding) yang baik akan membuat semua orang lebih terpikat oleh beras organik yang Anda jual. Disamping merek, tidak boleh melupakan packaging (kemasan). Kemasan beras amat berpengaruh terhadap keinginan pembeli untuk membeli barang itu atau tidak.

Tentukan target pasar

Dalam menggunakan peluang bisnis beras organik, Anda mesti menentukan target pasar yang dituju. Ini akan memengaruhi harga dan kualitas beras yang dijual. Bila target pasarnya menengah ke bawah, mustahil akan menjual beras dengan harga yang tinggi.

Mereka pastinya akan membeli beras biasa yang harganya lebih murah. Sementara itu, untuk orang di kelas menengah ke atas, mereka barangkali akan mementingkan kualitas terlebih dulu sebelum melihat harganya.

Untuk memasarkan usaha beras organik, Anda dapat mencoba untuk mengikuti talkshow dan pameran yang diadakan pemerintah sehingga akan semakin banyak orang yang mengetahui tentang produk beras organik milik Anda serta kelebihannya.

Baca Juga:  Cara Paling Tepat Mengeringkan Biji Lada

Namun, Anda mesti memilih pameran dan talkshow yang sesuai dengan target pasar Anda. Kecuali itu Anda pun dapat memasarkan melalui online sehingga semakin banyak orang mengetahuinya.

Pertahankan kualitas dan layanan

Dalam suatu bisnis beras organik, mutu mesti menjadi yang paling utama. Dengan menciptakan dan menjaga kualitas, konsumen akan semakin percaya dengan produk Anda. Selain itu, layanan yang diberikan juga mesti selalu dijaga, baik online ataupun offline.

Bila Anda memasarkan beras dengan cara online, kemasan pengiriman mesti dibuat sebaik dan semenarik mungkin agar beras tidak cepat rusak dan hilang kualitasnya.

Bila kualitas beras organik Anda telah menemukan yang terbaik dan telah mempunyai konsumen tetap yang setia, buatlah sistem reseller ataupun distributor agar produk Anda semakin dikenal banyak orang dan keuntungan yang didapat pun semakin banyak. Buatlah sistem yang tepat terlebih dulu sebelum membuka sistem distributor agar tak ada penipuan atau kesalahan kelak.