Cara Budidaya Ikan Bandeng di Air Tawar

Pertanianku — Ikan bandeng hidup di air payau yang merupakan habitat aslinya. Habitat bandeng yang khusus ini membuat sedikit repot para pembudidaya bandeng yang tinggal jauh dari pantai. Namun, kehadiran inovasi budidaya ikan bandeng di air tawar membuat pemeliharaan dan perawatannya menjadi lebih mudah.

budidaya ikan bandeng di air tawar
Foto: Google Image

Untuk persiapan memelihara ikan bandeng di air tawar, perlu beberapa persiapan agar hasilnya tidak mengecewakan seperti berikut.

  1. Kolam ikan

Pilih lokasi terbaik untuk pembuatan kolam. Kedalaman kolam tidak perlu terlalu dalam. Air yang digunakan dapat air tanah atau air sungai yang tidak tercemar. Luas kolam harus sesuai dengan jumlah ikan bandeng yang akan dipelihara. Ingat, jika ukuran kolam terlalu kecil dengan jumlah ikan, pertumbuhan ikan tidak akan optimal. Sebelum ikan dimasukkan ke kolam, sebaiknya tanah di kolam digaru dahulu agar plankton alami dapat tumbuh sebagai makanan ikan.

  1. Benih ikan

Pastikan benih yang dibeli adalah benih ikan bandeng air tawar. Pastikan benih tidak cacat. Periksa tubuh benih. Paling tidak belilah benih pada penjual yang sudah dikenal memiliki reputasi yang baik. Perhatikan gerakan benih. Benih berkualitas memiliki bergerak dengan aktif. Benih harus sehat. Benih harus bebas penyakit. Ukuran ideal benih 2,5—5 cm.

  1. Penebaran benih di kolam

Sama halnya dengan penebaran benih ikan jenis lain, sebelum dimasukkan ke kolam, sebaiknya benih transit dahulu. Tempatkan benih pada bak atau wadah plastik. Pastikan kondisi kolam telah siap menampung benih. Jika benih telah siap dipindahkan ke kolam, segera pindahkan dan perhatikan kondisi benih di dalam kolam. Penting untuk diamati, apakah benih stres ketika berada di dalam kolam.

  1. Perawatan dan pemeliharaan

Jumlah pakan yang diberikan harus sesuai dengan jumlah ikan dan ukuran tubuhnya. Jumlah pakan yang terlampau sedikit akan membuat pertumbuhan ikan tidak optimal. Namun, sebaliknya jika pakan diberikan terlampau banyak, terjadi pemborosan dan dapat menimbulkan penyakit. Ini karena sisa pakan akan membusuk di dalam air kolam.

Baca Juga:  Pentingnya Asupan Nutrisi Ikan Oscar agar Warna Sisik Cerah dan Menarik

Kualitas air kolam sangat berpengaruh terhadap kesehatan ikan. Lebih lanjut berpengaruh pada pertumbuhan ikan. Air kolam yang baik adalah yang cukup mengandung oksigen dan tidak kotor.

Air kolam yang berkualitas buruk dapat mengakibatkan ikan menjadi sakit dan berujung kematian. Ini akan membuat pekerjaan yang telah dipersiapkan cukup lama menjadi sia-sia. Kegagalan beternak ikan bandeng sama artinya dengan harus menanggung kerugian materi.

Loading...