Cara Budidaya Ikan Gurami dengan Pola Longyam atau Mina Ayam

Pertanianku Longyam merupakan kependekan dari balong ayam atau kolam ayam yang merupakan jenis usaha budidaya ikan bersamaan dengan ayam, baik ayam pedaging maupun ayam petelur.

longyam
foto: pertanianku

Pada sisten budidaya ini ayam akan dipelihara di atas kolam gurami sehingga kotorannya dan pakan yang tercecer tidak dikonsumsi oleh ayam akan masuk ke kolam. Kotoran yang masuk akan menjadi pupuk organik bagi kolam dan sisa pakan bisa dimakan oleh ikan. Pola budidaya ini berfungsi untuk mengurangi kegiatan pemupukan kolam serta pemberian pakan pada ikan sehingga lebih menghemat biaya produksi.

Ayam yang bagus untuk diternak dengan sistem longyam adalah ayam petelur. Pasalnya, kotoran ayam petelur lebih baik ketimbang ayam pedaging. Selain itu, sisa pakan yang tidak termakan lebih banyak ayam petelur.

Loading...

Ayam ras petelur

Ayam yang akan dipelihara dengan pola ini harus sudah siap berproduksi dan sudah mulai bertelur setelah berumur 16 minggu dengan masa produktifnya sekitar 60 minggu. Oleh karena itu, masa pemeliharaan ayam akan berlangsung selama 1 tahun 3 bulan. Ayam yang sudah tidak produktif harus diganti. Kebutuhan kandang yang akan menunjang seluruh aktivitas peternakan pola longyam sama dengan peternakan pada umumnya.

Ayam pedaging

Ayam pedaging yang dipelihara dengan pola ini hanya sampai ayam dipanen, yaitu 5—6 minggu dengan berat ayam 2 kg/ekor. Pemeliharaan ayam pedaging dengan pola di atas kolam ikan ini biasanya digunakan dalam skala besar mencapai ribuan ekor. Agar tidak membutuhkan modal yang besar, kandang ayam dibuat permanen dengan umur ekonomi selama 5 tahun. Sarana dan prasarana yang dibutuhkan sama seperti ternak ayam di kandang biasa.

Ayam kampung

Ayam kampung terbilang lebih mudah dipelihara. Namun, jarang diternakkan dalam skala besar, hanya pada skala rumah tangga. Ayam kampung bisa dimanfaatkan telur dan dagingnya. Ayam kampung terbilang lebih tahan penyakit dan bisa dirawat tanpa obat-obatan. Namun, kolam ikan yang dikombinasikan dengan kandang ayam kampung harus lebih sering dibersihkan untuk menjaga kebersihan kolam.

Baca Juga:  Menanam Rumput Gajah Sebagai Pakan Sapi Ternak

 

Loading...
Loading...