Cara Budidaya Jamur Truffle Secara Alami di Indonesia


Pertanianku — Meskipun relatif sulit, tentunya jika memiliki pengetahuan serta kemampuan yang mumpuni untuk budidaya jamur truffle, bukan berarti kita tidak bisa. Perlu diketahui juga bahwa jamur truffle bagi sebagian kalangan masyarakat Indonesia belum cukup familiar.

budidaya jamur truffle
Foto: Shutterstock

Jenis yang paling digandrungi adalah jenis truffle putih karena dianggap lebih memiliki aroma yang tajam. Jamur truffle ini bukan dikonsumsi dalam bentuk sajian, melainkan hanya ditambahkan ke dalam jenis makanan untuk memperkaya rasa dan aroma. Padahal, jumlah yang ditambahkan hanya sedikit.

Jamur truffle hitam jika dirupiahkan harga per kilonya mencapai 30 juta rupiah, sedangkan jamur truffle putih harga perkilonya bisa mencapai 120 juta rupiah. Oleh karena itu, konsumen jamur ini pun jumlahnya terbatas.

Untuk membudidayakan jamur truffle secara alami di Indonesia, harus memerhatikan hal-hal berikut.

Pemilihan lokasi budidaya

Sebisa mungkin, pilih daerah dengan kondisi cuaca, geografis, tanah, dan bentang alam yang mendukung sehingga budidaya tidak akan sia-sia dan dapat memberikan hasil yang optimal.

Penanaman pohon oak

Jamur truffle merupakan jenis jamur yang tumbuh dan bersimbiosis dengan tanaman akar ek atau oak. Oleh karena itu, Anda harus menanam pohon oak terlebih dahulu. Dengan demikian, secara alami diharapkan jamur truffle akan dapat tumbuh.

Tanaman oak sendiri merupakan jenis tanaman yang dapat tumbuh di hampir semua wilayah belahan bumi termasuk juga Indonesia. Untuk menanam pohon oak, buat lubang tanam dengan jarak 3—3,5 meter per tanaman. Kemudian, tanamkan bibit ke dalam lubang tanam dan tambahkan pupuk kandang.

Perawatan dan pemeliharaan

Pengairan atau penyiraman wajib dilakukan untuk membuat tanaman dapat bertahan hidup. Apalagi pada saat awal masa pertumbuhan. Sementara itu, penyiangan dilakukan untuk menyingkirkan tanaman penganggu seperti gulma atau rumput liar. Minimal penyiangan dilakukan setiap 3 bulan sekali. Hal ini juga untuk mengantisipasi agar tanaman dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Baca Juga:  Rahasia Tentang Kemangi yang Wajib Anda Tahu

Pemupukan diberikan untuk memastikan tanaman tumbuh subur. Caranya adalah dengan memberikan tambahan unsur hara melalalui akar tanaman. Pupuk dapat diberikan langsung dengan ditabur atau juga dilarutkan bersamaan dengan proses penyiraman. Pupuk yang lazim diberikan adalah pupuk NPK Lengkap yang memiliki kandungan Nitrogen, Phospat, dan Kalium.