Cara Budidaya Lele Sangkuriang di Kolam Terpal

Pertanianku – Budidaya lele merupakan salah satu peluang usaha yang patut Anda coba. Pasalnya kebutuhan masyarakat akan ikan lele semakin meningkat dari tahun ke tahun. Karena ikan ini sangat digemari banyak orang di Indonesia. Berbagai jenis olahan ikan lele pun sudah sangat bervariasi dan tentunya semua olahan lele sangat lezat di lidah. Hal ini tentu saja membuat ikan berkumis ini semakin menjadi primadona di berbagai kalangan masyarakat. Selain di Indonesia, lele ternyata juga menjadi makanan favorit di negara-negara lain seperti Malaysia, Singapura, dan negara tetangga lainnya.

Cara Budidaya Lele Sangkuriang di Kolam Terpal

Hal ini terbukti karena banyaknya permintaan pengiriman lele ke negara-negara tersebut. Karena semakin banyaknya permintaan lele di Indonesia dan beberapa negara tetangga, maka bisnis budidaya ikan lele semakin banyak peminatnya. Sangat menjanjikan bukan peluang usaha ini? Jika bisnis ini dijalankan dengan baik dan benar, binis budidaya lele dapat memberikan keuntungan yang sangat besar setiap bulannya.

Loading...

Banyak orang tahu ada banyak sekali jenis ikan lele yang ada dipasaran. Saat ini lele sangkuriang menjadi trend yang bisa memberikan peluang bisnis yang bagus untuk banyak orang. Lele jenis ini adalah hasil dari penelitian yang menggunakan rekayasa genetik. Usaha tersebut dilakukan untuk memperbaiki mutu ikan lele yang baik. Hasil rekayasa yang dilakukan di Sukabumi ini ternyata mampu menjawab permintaan banyak orang akan mutu ikan lele yang lebih baik. Berbagai jenis ikan lele sudah banyak dibudidayakan di pulau Jawa dan pulau Sumatera. Lele sangkuriang kini menjadi obyek budidaya favorit banyak orang karena adanya beberapa keuntungan yang bisa diperoleh darinya.

Keuntungan jika Anda mencoba budidaya lele sangkuriang. Untuk Anda yang menjalankan bisnis lele sebagai pemula tidak ada salahnya Anda belajar cara ternak lele sangkuriang. Budidaya lele sangkuriang tidaklah sulit jika Anda melakuknnya dengan benar. Budidaya lele sangkuriang bisa dibudidayakan di kolam terpal. Sumber air yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak dan benih ikan bisa ditebar dengan kepadatan yang tinggi. Cara budidaya lele yang benar juga mudah untuk dikuasai oleh masyarakat umum. Teknologinya sangat mudah dilakukan sehingga semua orang bisa melakukannya. Karena lele sudah menjadi bahan konsumsi yang umum di masyarakat, maka cara pemasarannya pun menjadi relatif lebih mudah. Banyak petani yang tidak perlu pergi mencari pembeli atau tengkulak sendiri. Mereka akan datang sendiri untuk membeli langsung di kolam. Dengan teknik budidaya lele yang mudah, maka modal usaha yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini relatif rendah. Modal yang besar dapat digunakan untuk membuat banyak kolam dan menebar lebih banyak benih.

Baca Juga:  Jangan Khawatir! Begini Cara Mengatasi Lele yang Terserang Penyakit

Berbicara soal teknik budidaya lele biasanya masyarakat umum dapat mencoba untuk beternak lele sangkuriang dengan mempelajari berbagai macam tips. Mereka bahkan bisa belajar dari buku atau dari orang-orang yang sudah berhasil melakukan bisnis budidaya lele sangkuriang. Saat ini, cara budidaya lele dengan menggunakan kolam terpal menjadi favorit banyak petani lele sangkuriang. Kolam yang menggunakan terpal pada dasar serta sisi-sisinya ini ternyata mampu mengatasi berbagai macam risiko yang mungkin timbul pada kolam tanah atau kolam beton. Selain ukuran kolam yang harus sesuai, terpal pun menjadi hal yang juga harus diperhitungkan.

Karena terpal akan digunakan sebagai bahan dasar kolam, maka terpal yang digunakan adalah terpal dibuat oleh pabrik yang sambungannya di pres rapat sehingga tidak akan terjadi kebocoran. Ukuran terpal yang digunakan pun bisa disesuaikan dengan ukuran kolam yang akan dibangun. Akan lebih baik jika ukuran kolam disesuaikan dengan banyaknya benih yang akan ditanam dan disesuaikan dengan fungsi dari kolam. Ukuran kolam yang berfungsi untuk pembesaran lele bisa saja berbeda dengan ukuran kolam yang berfungsi untukpembenihan. Karena kolam bukan di tanah atau terbuat dari beton, maka kolam ini bisa diletakkan di halaman atau di pekarangan rumah.

Salah satu hal yang patut Anda perhatikan saat budidaya lele adalah pakannya. Akan lebih baik bagi orang yang ingin memulai usaha budidaya ikan lele sangkuriang untuk belajar lebih banyak tentang pembuatan kolam yang baik untuk benih ikan lele yang akan ditebar. Hal ini sangat penting untuk menghidari kerugian yang besar karena benih ikan mati. Selain memperhatikan pembangunan kolam terpal dan persiapan penyebaran benih, memperhatikan pemberian pakan juga menjadi hal yang sangat penting.

Lele sangkuriang sama dengan lele jenis lainnya yang adalah pemakan segala atau omnivora. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika lele sangkuriang diberi pakan organik yang berasal dari sekitar tambak atau dari sekitar rumah. Selain pakan organik, pellet juga bisa menjadi alternatif pakan lele sangkuriang. Pakan pellet bisa dicampur dengan probiotik agar pertumbuhan lele sangkuriang menjadi lebih cepat. Frekuensi pemberian pakan juga sangat berpengaruh pada percepatan besarnya lele sangkuriang. Berbagai jenis campuran pakan seperti dedak halus dan ikan rucah atau bekatul, dedak halus, cincangan bekicot dan jagung juga mampu membuat lele sangkuriang lebih cepat besar.

Baca Juga:  Kunci Sukses Membuat Keripik Tempe yang Laris di Pasaran

Jika Anda memerhatikan pakan dan memeliharanya dengan baik, maka lele sangkuriang bisa memiliki rasa lebuh gurih dan enak jika diolah menjadi masakan. Oleh sebab itu, banyak orang yang memilih lele jenis ini untuk menjadi bahan dasar olahan mereka. Dengan teknik budidaya yang lebih baik dan pakan organik yang lebih banyak, lele sangkurian menjadi primadona di bisnis budidaya lele di Indonesia.

Loading...
Loading...