Cara Budidaya Pohon Turi untuk Pakan Ternak


Pertanianku — Pohon turi merupakan tumbuhan berkayu lunak dengan umur pendek. Tinggi pohon turi dapat mencapai 5—12 meter. Tanaman turi memiliki berbagai manfaat dimulai dari daun, bunga, batang, hingga akarnya. Bahkan, daun turi bisa dijadikan sebagai alternatif pakan ternak. Oleh sebab itu, budidaya pohon turi bisa sangat menguntungkan bagi Anda.

budidaya pohon turi
Foto: Google Image

Syarat tumbuh pohon turi

Pohon turi tumbuh di pekarangan, kebun dan sawah, baik yang memiliki tanah subur, tanah asam maupun tanah berair. Akan tetapi, tanaman turi ini tidak baik ditanam pada ketinggian lebih dari 1.500 mdpl.

Persiapan lahan tanam pohon turi

Lahan yang akan digunakan untuk menanam pohon turi dibersihkan terlebih dulu dari gulma dan tanaman pengganggu lainnya. Setelah itu, buatlah lubang tanam berukuran 1 × 1 m dengan kedalaman 50 cm. Selanjutnya, masukkan pupuk kandang yang telah matang ke lubang hingga ketinggian 10—20 cm. Biarkan lubang tanam tersebut selama 7—14 hari agar nutrisi dalam pupuk terserap ke dalam tanah di sekitarnya.

Persiapan bibit pohon turi

Perbanyakan bibit pohon kembang turi dapat dilakukan melalui biji dan setek batang. Jika melalui biji, ambil biji turi berasal dari buah polong yang sudah tua dan mengering. Setelah dikeluarkan dari kulitnya, biji tersebut disemaikan di dalam polibag.

Media persemaian yang digunakan, yaitu berupa campuran tanah, pasir, dan pupuk kompos dengan komposisi sama rata. Bibit pohon turi siap dipindahtanamkan ke lahan tanam setelah ukurannya mencapai 30—40 cm.

Penanaman bibit pohon turi

Setelah semuanya siap, segeralah lakukan penanaman. Lepaskan polibag pada bibit dengan hati-hati agar tidak merusak perakaran dan media tanamnya. Setelah itu, masukkan bibit ke lubang tanam dengan posisi tegak, lalu tutup kembali dengan tanah bekas galian lubang dan sedikit padatkan. Penanaman ini sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari.

Baca Juga:  Februari Mendatang, Pemerintah Kembali Impor Jagung

Perawatan tanaman turi

Pada dasarnya, tanaman turi tidak membutuhkan perawatan yang begitu rumit. Pohon kembang turi ini dapat hidup dengan subur di lingkungan yang cukup ekstrem asalkan kebutuhan air dan nutrisinya tercukupi. Pada masa awal pertumbuhannya, lakukan penyiraman secara rutin, yaitu setiap 2 kali sehari atau disesuaikan dengan kondisi cuaca.

Selain itu, agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman turi terpenuhi lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang setiap sebulan sekali. Jangan lupa juga untuk melakukan penyiangan pada gulma yang tumbuh di sekitar pohon turi minimal setiap 3 bulan sekali. Lakukan pula pemangkasan dilakukan pada bagian tanaman yang mengering atau terserang hama dan penyakit.