Cara Cangkok Batang Pepaya

Pertanianku— Ada banyak cara mendapatkan bibit pohon pepaya. Anda bisa menanamnya dari biji sisa makan atau dengan mencangkoknya. Cangkok batang pepaya sangat mudah dilakukan dan bisa menghasilkan bibit pohon yang sama dengan pohon induknya. Selain itu, melalui cangkok, Anda bisa mendapatkan bibit pepaya yang cepat berbuah jika dibandingkan menanam pepaya dari bijinya.

cangkok batang pepaya
foto: pixabay

Cangkok batang pepaya menggunakan teknik mencangkok pada cabang yang tidak berkayu. Pasalnya, pepaya merupakan pohon yang tidak bercabang kayu sehingga cara cangkoknya sedikit berbeda dengan pohon buah yang bercabang kayu seperti jeruk atau mangga.

Untuk meningkatkan persentase keberhasilan cangkok pada pohon pepaya, sebaiknya gunakan pohon induk pepaya yang sudah tidak produktif atau sudah berumur di atas 4 tahun.

Loading...

Karena pohon pepaya dapat tumbuh terlalu tinggi, Anda perlu melakukan pemotongan pada bagian tertentu untuk menumbuhkan cabang baru. Anda bisa melakukan cangkok pada salah satu cabang, sedangkan cabang lainnya tetap berproduksi.

Pohon pepaya yang sudah tumbuh terlalu tinggi dipotong dengan ketinggian 75 cm dari tanah. Setelah batang pohon dipotong, tutup bekas potongan dengan ember atau kantong plastik bekas untuk mencegah air masuk ke batang. Biarkan selama beberapa hari hingga cabang baru tumbuh.

Ketika sudah terlihat ada tunas cabang yang tumbuh, buka tutup ember atau plastik dan biarkan cabang tersebut tumbuh hingga cukup besar dan membentuk benjolan pada bagian pangkalnya.

Setelah cabang sudah mulai membesar, ratakan sedikit salah satu pangkal cabang ke bawah dengan tangan. Anda juga bisa menggunakan ZPT dengan cara dioleskan ke bagian pangkal cabang untuk merangsang pertumbuhannya.

Setelah itu, bungkus bagian pangkal tersebut dengan plastik. Dalam bungkusan tersebut, berikan media tumbuh yang terbuat dari campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Agar cabang yang sedang dicangkok tidak roboh karena menahan bekas bungkusan cangkok, sanggah atau topang cabang dengan kayu atau bambu.

Baca Juga:  Langkah Mudah Menanam Durian Musang King

Benih pepaya yang dihasilkan dari cangkok memiliki kelebihan berupa tanaman yang lebih kokoh dan lebih cepat berproduksi. Namun, untuk mencangkok pohon pepaya membutuhkan pohon indukan dalam jumlah yang banyak.

 

Loading...
Loading...