Cara-cara Penggemukan Sapi Secara Modern

Pertanianku — Ada banyak cara penggemukan sapi yang bisa Anda pilih, baik secara modern atau tradisional. Penggemukan yang dilakukan secara modern menggunakan pakan konsentrat dan hijauan yang diberikan pada sapi. Pakan konsentrat diberikan penuh, sedangkan hijauan diberikan dalam jumlah terbatas. Berikut ini beberapa cara penggemukan sapi yang dilakukan secara modern.

penggemukan sapi
foto: pertanianku

Penggemukan dry lot fattering

Penggemukan ini dilakukan dengan mengutamakan pemberian pakan berupa biji-bijian atau konsentrat yang terdiri atas jagung giling, katul, bungkil kacang tanah, bungkil kelapa, bungkil kedelai, dan lain-lain. Pakan hijauan diberikan dalam jumlah terbatas.

Bakalan yang digunakan adalah sapi jantan berumur 1 tahun. Bakalan tersebut akan dipelihara secata terus-menerus sepanjang hari di dalam kandang dengan pakan dan air minum yang rutin diberikan. Mellase diberikan sebanyak 0,5 kg per ekor setiap harinya.

Penggemukan pasture fattering

Program penggemukan dilakukan di daerah yang memiliki lahan luas untuk menggembalakan sapi. Bakalan sapi yang digunakan berupa sapi jantan berumur 2,5 tahun dengan lama penggemukan selama 6—8 bulan, waktu penggemukan memang berjalan lebih lama. Sapi dilepas di lapangan penggembalaan yang luas dan berkualitas.

Penggembalaan akan dilakukan secara bergilir dengan membagi-bagi areal menjadi petak yang sempit sesuai dengan kebutuhan peternak. Peternak harus bisa mengatur daya tampung area gembala terkontrol agar tidak berlebihan atau kekurangan.

Area yang berlebihan dapat menyebabkan area menjadi erosi karena sapi memakan seluruh hijauan yang ada di tempat gembala. Sementara itu, kekurangan sapi yang digembala dapat menyebabkan rumput terlalu tua karena tidak dimakan semuanya. Rumput tua memiliki serat kasar tinggi, dan kurang palatabel. Selain itu, nilai gizinya jadi lebih rendah.

Sistem penggemukan campuran

Baca Juga:  Manfaat Kolostrum untuk Anak Kambing

Sistem penggemukan campuran dilakukan dengan mencampur antara dry lot fattering dan pasture fattering. Oleh karena itu, sapi yang digemukkan akan digembalakan di pematang yang luas, tetapi sapi juga diberikan ransum berupa konsentrat.

Penggemukan ini bisa dilakukan pada musim hujan, pada saat hijauan melimpah di areal penggembalaan, sapi-sapi ternak bakalan dilepas di padang penggembalaan.

 

 

 


loading...