Cara Cepat Menggemukkan Sapi dengan Cara Intensif


Pertanianku — Selain menggemukkan sapi dengan cara intensif, upaya pemasaran yang baik juga memegang peranan penting dalam penjualan calon hewan kurban ini. Agar keuntungan maksimal dan berlipat, maka waktu penggemukan sapi harus diperhitungkan secara baik agar saat panen harga jual sapi sedang maksimal.

menggemukkan sapi
Foto: Pexels

Khusus di Indonesia, momen yang baik untuk menjual sapi adalah saat hari raya Idul Fitri dan Idul Adha. Oleh karena itu, jika hendak memulai menggemukkan sapi, mulailah memelihara 3—10 bulan sebelum momen tersebut. Hal ini juga bergantung pada lamanya proses penggemukan yang diinginkan.

Usahakan menjual sapi ke konsumen secara langsung serta pilihlah sapi yang disukai dan berharga mahal di daerah setempat. Selain itu, pilihan jenis sapi hendaknya disesuaikan dengan potensi pakan dan kemampuan adaptasi di daerah setempat agar pertambahan bobot badannya maksimal.

Nah, jika sudah memerhatikan faktor pemasarannya, sekarang saatnya mengaplikasikan langkah cepat dalam sistem penggemukan sapi potong dengan cara intensif. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Sapi dipelihara dalam kandang secara terus-menerus dan tidak digembalakan. Ternak sapi hanya sewaktu-waktu dikeluarkan, yakni pada saat membersihkan kandang dan sapi itu sendiri.
  2. Semua kebutuhan ternak, baik berupa pakan dan air minum harus disediakan oleh peternak sesuai dengan kebutuhannya. Pakan yang diberian berupa campuran rumput, leguminosa, dan makanan penguat (konsentrat).
  3. Sapi penggemukan tidak untuk dijadikan tenaga kerja. Hal ini bertujuan agar makanan yang dikonsumsi sepenuhnya diubah menjadi daging dan lemak. Dengan begitu, pertumbuhan bobot badan meningkat secara cepat.
  4. Agar lebih optimal dalam memanfaatkan nutisi, sapi harus terbebas dari penyakit cacingan. Oleh karena itu, pada awal masa penggemukan, ternak sapi terlebih dahulu diberikan obat cacing.
  5. Jika diperlukan, untuk meningkatkan palatabilitas atau nafsu makan sapi, perlu diberikan molases dan vitamin.
  6. Umumnya, lama penggemukan bervariasi tergantung kualitas pakan yang diberikan dan dari kondisi awal dan bobot sapi yang digemukkan. Biasanya berkisar 3—10 bulan.
Baca Juga:  Fermentasi Kulit Singkong untuk Pakan Ternak, Begini Caranya!