Cara Cermat Menanam dan Merawat Bunga Kenop


Pertanianku — Anda suka mengoleksi tanaman hias? Bunga kenop mungkin sudah tak asing lagi di telinga pecinta tanaman hias. Namun, sebagian orang belum tahu cara cermat menanam dan merawat bunga kenop.

cara cermat menanam dan merawat bunga kenop
Pertanianku

Bunga kenop atau bunga kancing (Gomphrena globosa) adalah salah satu tanaman hias berbunga yang biasa ditanam pekarangan. Bunga ini berasal dari Amerika dan Asia. Di Indonesia bunga kenop disebut kembang puter, bunga adas-adasan, talimantulu, serta kembang atau bunga gundul.

Bunga kenop dapat tumbuh hingga ketinggian 60 cm dan memiliki bentuk seperti globe dengan warna ungu. Selain ungu, ada pula jenis bunga kenop dengan warna lain seperti merah, putih, oranye, kuning, dan warna lainnya.

Selain karena bentuknya yang unik, bunga kenop ini populer menjadi tanaman hias pekarang rumah. Sebab, jika sudah berbunga maka bunga akan tumbuh sepanjang tahun tanpa putus dengan jumlah yang banyak.

Selain dimanfaatkan sebagai tanaman hias, bunga kenop juga sering dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Adapun manfaat tanaman bunga kenop antara lain sebagai obat asma atau sesak napas, peluruh dahak, radang mata, diuretik, disentri, radang saluran napas, luka atau koreng, penambah nafsu makan, dan sebagai obat batuk.

Cara menanam bunga kenop

Bibit bunga kancing bisa Anda diperoleh dari biji bunga kenop yang sudah kering atau Anda bisa membeli benih bunga ini di toko tanaman. Setelah mendapatkan benih, selanjutnya sebarkan biji benih tersebut ke wadah atau try semai. Pastikan wadah tersebut sudah diisi dengan media tanam berupa campuran tanah, sekam, pasir, dan pupuk kompos.

Selanjutnya, lakukan penyiraman dengan sedikit air atau semprot dengan menggunakan sprayer. Letakkan pada tempat yang terang, tapi tidak terkena cahaya matahari secara langsung agar tidak merusak kecambah bunga. Sebab, benih bunga kancing membutuhkan cahaya untuk berkecambah.

Baca Juga:  Musim Hujan? Begini Cara Tentukan Lokasi yang Tepat untuk Tanam Cabai

Setelah bibit tumbuh dengan ketinggian sekitar 5—7 cm, pindahkan bibit ke pot tanam atau langsung ke lahan pekarangan. Beri jarak sekitar 20—25 cm antar tanaman. Pastikan saat menanam bunga tersebut tidak merusak batang dan akarnya.

Tanaman ini akan berbunga sekitar 2—3 bulan setelah semai dan akan tetap berbunga dalam jangka waktu yang lama.

Cara merawat bunga kancing

Bunga kenop akan tumbuh dengan baik di daerah yang terang dan hangat. Walaupun bunga ini toleran terhadap panas dan kering, tapi jangan lupa untuk tetap melakukan penyiraman.

Lakukan penyiraman sesekali untuk menjenuhkan area akar. Jika ada cabang atau daun yang layu, segera buang agar tampilannya tetap cantik.

loading...
loading...