Cara Cermat Menghilangkan Pestisida dari Apel


Pertanianku — Saat akan mengonsumsi buah, Anda mungkin khawatir akan kandungan pestisida yang menempel pada buah itu, termasuk apel. Maka, sebelum memakan apel, hendaknya Anda mencari tahu cara cermat menghilangkan pestisida dari apel.

cara cerat menghilangkan pestisida dari apel
Foto: Pixabay

Penggunaan pestisida di sektor pertanian dan perkebunan selama ini memang sangat membantu petani dalam meningkatkan hasil panen. Menggosokkan apel ke baju Anda sebelum memakannya tidak bisa menghilangkan residu pestisida yang menempel di kulitnya. Itu hanya bisa menghilangkan debu dan kotoran.

Mencuci dengan air mungkin memang menjadi strategi efektif untuk membersihkan pestisida. Hal ini sudah menjadi standar yang biasa dilakukan dalam industri makanan. Tapi, beberapa senyawa yang terkandung dalam pestisida bisa saja diserap oleh buah dan sayuran.

Lantas, bagaimana cara terbaiknya?

Sekelompok ilmuwan dalam laporan yang terdapat pada Journal of Agricultural and Food Chemistry menyarankan mencuci apel dengan baking soda untuk menghilangkan pestisida yang menempel di kulit apel.

Salah seorang peneliti, Lili He menggunakan campuran khusus untuk mengurangi pestisida di buah apel. Campuran obat ini digunakan untuk mengatasi infeksi jamur yang disebabkan oleh parasit.

Apel dicuci dengan air dengan larutan baking soda sebesar satu persen, dan larutan pemutih yang dijual komersial. Dalam hal ini, baking soda diyakini sangat efektif mengurangi pestisida.

“Setelah 12—15 menit, 80 persen thiabendazol dan 96 persen phosmet dikeluarkan,” tulis He, dilansir dari Science Daily, Selasa (31/10/2017).

Persentase berbeda tersebut cenderung disebabkan oleh penyerapan thiabendezole yang lebih besar ke dalam apel. Thiabendazole menembus hingga 80 mikrometer ke dalam apel. Sementara, Phosmet hanya menembus 20 mikrometer.

Mencuci apel dengan air keran biasa atau larutan pemutih selama dua menit, sesuai standar industri ternyata kurang efektif.

Baca Juga:  Manfaat Akar Alang-alang dan Cara Mengolahnya
loading...
loading...