Cara Efektif Membasmi Hama Sundep Tanaman Padi


Pertanianku — Hama sundep menyerang tanaman pada pertumbuhan padi. Hama penggerek batang ini membuat tanaman jadi kering dan lama-kelamaan tanaman akan mati. Berikut ini beberapa cara membasmi hama sundep pada tanaman padi.

cara membasmi hama sundep
Foto: Pixabay

Pengendalian fisik

Cara pengendalian hama sundep ini memerlukan tenaga yang luar biasa dari para petani. Dan cara ini berkaitan dengan berbagai teknik atas dasar kreativitas seorang petani dalam melakukan penangkapan terhadap hama.

Cara fisik dilakukan biasanya menggunakan sebuah perangkap jebakan yang nantinya akan menangkap beberapa kelompok telur yang nantinya akan berubah menjadi hama sundep. Cara ini banyak yang mengatakan sama halnya dengan cara manual yang dilakukan para petani agar pertumbuhan hama sundep tidak terus berkembang secara cepat.

Pengendalian biologi

Cara ini adalah cara pengendalian hama sundep dengan ekosistem biologi. Hama sundep yang selalu merusak dan menggerek batang akan hilang apabila di sawah banyak terdapat predatornya seperti laba-laba dan kelelawar.

Laba-laba di berbagai daerah banyak yang sengaja ditangkap di hutan dan dimanfaatkan untuk disimpan di sawah untuk menjadi pemakan para hama sundep beserta telur yang nantinya akan menjadi hama baru. Hal ini menjadi cara yang lumayan efektif karena semakin banyak laba-laba yang ada di pesawahan, akan semakin aman pula tanaman padi yang ada.

Meskipun bukan jaminan tanaman padi aman, setidaknya dapat mengurangi populasi hama sundep yang ada di sawah. Laba-laba adalah musuh yang bersifat alami bagi sebuah hama. Ini karena dalam ekosistemnya jika laba-laba tidak menemukan banyak hama, nantinya akan mengalami kekurangan makanan.

Pengendalian kimiawi

Cara ini memerlukan biaya tambahan untuk membeli pestisidanya. Lakukanlah cara ini apabila pengendalian hama sundep yang dilakukan dengan berbagai cara telah gagal. Dengan kata lain, hama sundep masih banyak walau sudah menggunakan berbagai teknik untuk menghilangkannya.

Baca Juga:  Karawang Alokasikan Rp1,3 Miliar untuk Asuransi Usaha Tani Padi

Pengendalian ini merupakan jalan terakhir dalam melakukan pengendalian hama sundep dan sifat dari pengendalian ini adalah memiliki berbagai risiko, baik untuk tanaman padi maupun bagi pemilik sawahnya. Penggunaan pestisida biasanya dilakukan dengan cara menabur, menyemprotkan, atau menyebarkan pestisida di seluruh area tanam padi. Efeknya pun akan sangat cepat terhadap berbagai tanaman, tetapi sifatnya hanyalah sementara.