Cara Gampang Membuat Perangkap Hama Tikus Sawah


Pertanianku — Tikus sawah termasuk hewan kelompok omnivora, yaitu hewan yang memakan segala jenis makanan. Jika makanan yang tersedia berlimpah, tikus cenderung lebih memilih biji-bijian atau padi yang terdapat di sawah. Hal itu tentu akan sangat merugikan petani padi. Namun jangan khawatir, Anda bisa mengantisipasinya dengan membuat perangkap untuk hama tikus sawah tersebut.

hama tikus sawah
Foto: Google Image

Adapun cara membuat perangkap hama tikus sawah cukup mudah. Sediakan tutup botol, ember, benang, selai kacang, dan air. Berikut ini langkah pembuatan perangkap hama tikus.

  • Langkah yang pertama lubangi terlebih dahulu ujung dari penutup botol dan bagian bawahnya seukuran benang.
  • Setelah itu ikatkan botol dengan menggunakan benang kemudian bisa dibentuk sedemikian rupa sehingga nantinya botol akan dapat diputar dengan posisi horisontal atau menyamping.
  • Selanjutnya, pada bagian atas ember kurang lebih 3—4 cm dari atas dilubangi kecil yang berfungsi sebagai tempat kedudukan benang dan botol.
  • Jika semuanya sudah siap dilakukan, untuk tahap terakhir olesi botol dengan selai kacang secukupnya, lalu bak ember yang besar diisi air kira-kira seperempat bagiannya.
  • Cara kerja perangkap hama tikus ini, yaitu saat tikus akan melompat untuk menghampiri selai kacang, maka saat itu juga botol akan berputar dan ini akan membuat tikus akhirnya terjatuh ke dalam bak ember yang berisi air. Tikus tidak akan bisa melarikan diri lagi, karena telah jatuh ke ember yang berisi air.
  • Perangkap hama tikus yang satu ini bisa dipasang di dalam rumah ataupun pada tempat-tempat yang sering menjadi jalur perjalanan tikus. Terlebih lagi bisa juga diletakkan pada setiap titik-titik pematang sawah yang ditanami padi ataupun jagung.
Baca Juga:  5 Jenis Air Terbaik Untuk Hidroponik