Cara Jitu Budidaya Ikan Mas di Kolam Terpal

Pertanianku – Ikan mas merupakan salah satu jenis ikan yang mudah untuk diternakan dibandingkan ikan tawar maupun tambak yang lainnya. Media yang sekarang ini semakin populer digunakan adalah kolam terpal. berikut teknik budidaya ikan mas di kolam terpal.

Cara Jitu Budidaya Ikan Mas di Kolam Terpal

  1. Tempat budidaya ikan mas

Manfaat yang pertama yang Anda dapatkan dalam teknik budidaya ikan mas di kolam terpal sangat cocok bagi siapa saja yang kekurangan tempat atau media air disekitar rumah maupun tempat tertentu. Memang banyak orang yang tertarik untuk melakukan budidaya ikan mas namun tidak memiliki lahan tanah yang cukup untuk budidaya ikan mas. Dengan memanfaatkan ide kolam terpal, Anda dapat menghemat tempat tentunya dan juga mudah dilakukan.

Loading...
  1. Persiapan peralatan

Peralatan pendukung lain yang diperlukan untuk membangun kolam terpal tersebut baik untuk pembibitan maupun pembenihan. Pastikan kedua proses tersebut dilakukan pada dua kolam terpal yang berbeda. Tips yang kedua adalah tentang bagaimana Anda memperoleh bibit ikan mas. Ada dua cara dalam memperoleh bibit ikan mas. Yang pertama adalah dengan membeli bibit yang ada dipasaran dan yang kedua adalah dengan melakukan pembibitan dengan usaha sendiri. Apapun cara yang digunakan dalam mendapatkan bibit, pastikan benih yang Anda gunakan memiliki kualitas yang paling bagus sehingga ketika panen nanti Anda juga mendapatkan kualitas ikan mas yang lebih baik.

  1. Perawatan ikan mas kolam terpal

Yang perlu diperhatikan dalam cara budidaya ikan mas dikolam terpal adalah dengan memperhatikan cara melakukan perawatan. Yang menjadi masalah disini adalah mengenai bagaimana melakukan perawatan dalam membesarkan ikan mas yang Anda punya. Pilihlah jenis makanan yang sesuai dengan kebutuhan ikan mas Anda. Variasikan makanan yang Anda sediakan pada ikan mas baik itu pakan alami maupun pakan pelet yang tersedia dipasaran. Pastikan Anda memberi makan ikan mas yang Anda ternakkan secara teratur guna menjamin kualitas perkembangan ikan mas tersebut menjadi semakin cepat dan berkualitas.

  1. Kualitas air juga menentukan
Baca Juga:  Lokasi yang Cocok untuk Pembenihan Ikan Lele

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan dalam budidaya ikan mas adalah pada aspek kesehatan ikan mas tersebut. Pastikan Anda memeriksa kualitas air pada kolam terpal tersebut. Bila perlu, lakukan uji kandungan air pada kolam terpal ikan mas Anda guna mengetahui ada zat berbahaya atau tidak yang terkandung di air tersebut. Banyak sekali masalah kesehatan ikan mas yang berkaitan dengan kondisi air kolam terpal tersebut. Yang harus Anda perhatikan adalah mengenai kedisiplinan Anda dalam menguras kolam terpal yang Anda miliki. Jangan sampai endapan kotoran di kolam terpal tersebut menjadi semakin banyak yang mana dapat memperburuk kualitas air kolam terpal yang Anda miliki. Bila perlu belilah alat penguras kolam guna membuat proses pengurasan menjadi lebih efisien.

  1. Kestabilan suhu kolam terpal

Mengenai kualitas suhu yang lebih stabil. Sudah banyak sekali peternak ikan yang merasakan manfaat budidaya ikan mas dalam kaitannya dengan kestabilan suhu. Yang dimaksud stabil disini adalah mengenai bagaimana kolam terpal mampu mengatasi fluktuasi suhu kolam yang disebabkan oleh perubahan suhu dikarenakan perubahan musim juga.

  1. Kualitas ikan mas yang lebih segar

Mengenai ikan mas yang dipanen yang mana tidak berbau tanah. Hal ini dikarenakan ikan mas yang dipanen tidak akan terkena lumpur sama sekali. Para konsumen juga cenderung menyukai ikan mas yang tidak berbau tanah sama sekali. Bila dibandingkan dengan kolam tanah yang mana pasti dalam melakukan panen akan bermasalah dengan lumpur, kolam terpal tidak akan memiliki masalah tersebut tentunya.

  1. Mudahnya proses panen ikan mas

Pada budidaya ikan mas di kolam terpal cukup dalam melakukan panen. Banyak orang yang melakukan cara budidaya ikan mas dengan media kolam terpal yang mendapatkan manfaat dari segi mudahnya mengolah kolam terpal tersebut. Dalam proses pengeringan juga dapat diketahui bahwa kolam terpal lebih cepat dan mudah untuk dikeringkan yang mana hanya perlu 2 jam saja dibandingkan kolam tanah yang memerlukan setidaknya 2 hingga 7 hari proses pengeringan.

  1. Kecilnya resiko terkena penyakit
Baca Juga:  Segmentasi Usaha Ikan Patin Perkasa yang Menjanjikan

Cara budidaya ikan mas dalam kolam terpal adalah jarangnya ditemui hama penyakit yang dapat mengganggu proses pembesaran ikan mas. Hal ini disebabkan pada kolam tanah, sering sekali terjadi penumpukan kotoran ikan yang menyebabkan kualitas air menjadi buruk sehingga dapat mengganggu kesehatan ikan mas tersebut. Bila pada kolam terpal, Anda dapat dengan mudah melakukan pembersihan sehingga kelangsungan hidup ikan mas menjadi lebih tinggi dibandingkan budidaya ikan mas di kolam tanah.

Loading...
Loading...