Cara Kawin Silang Bunga Mawar Supaya Warna-warni

Pertanianku — Banyak pencinta bunga mawar rela mengeluarkan biaya tak sedikit untuk mendapatkan bunga mawar jenis baru yang warnanya unik dan memiliki tampilan berbeda. Padahal, hal tersebut bisa didapatkan dengan melakukan kawin silang dengan teknik okulasi. Akan tetapi, bagaimana cara kawin silang bunga mawar agar menghasilkan bunga yang warna-wani dan unik?

cara kawin silang bunga mawar
Foto: Pixabay

Alat dan bahan

  • Gunting tanaman atau pisau
  • Benang
  • Dua bunga mawar yang berbeda warna dan jenisnya
  • Plastik transparan

Langkah-langkah

Loading...

Tentukanlah batang bunga mawar yang akan Anda kawinkan. Pilihlah batang bunga yang sudah cukup usia dengan tanda batang telah berkayu, serta memiliki duri-duri yang besar dan menghitam atau kecokelatan. Misalnya, Anda akan memilih bunga mawar merah dengan bunga mawar putih. Pada proses ini nantinya akan dihasilkan bunga mawar berwarna pink atau merah muda.

Tahap selanjutnya adalah memotong bagian batang bunga mawar. Pilih bunga mawar merah sebagai tanaman induk yang tetap tertanam di tanah, potong batang bunga mawar tersebut dengan posisi sejajar.

Belahlah batang bunga mawar merah tersebut dengan panjang kurang lebih 1,5 hingga 3 cm, tergantung dari diameter batang. Hilangkan beberapa daun yang ada, sisakan dua atau tiga helai daun saja yang berdekatan dengan belahan batang.

Selanjutnya, potong batang bunga mawar putih dengan ujung runcing. Usahakan batang bunga mawar putih ini lebih kecil daripada batang bunga mawar yang telah dibelah. Masukkan secara perlahan dan hati-hati batang bunga mawar putih ke belahan batang bunga mawar merah. Usahakan tidak ada kerusakan atau batang yang patah.

Bungkus kedua batang dengan menggunakan plastik transparan, lalu ikat menggunakan benang atau tali rafia dengan rapat. Tujuan pembungkusan ini adalah untuk menghindarkan batang bunga dari air yang berlebihan sehingga mengalami penguapan yang terlalu banyak serta menjauhkan dari pembusukan batang.

Baca Juga:  Baru! Aplikasi Khusus yang Mempertemukan Eksportir dan Petani
Loading...
Loading...