Cara Komunikasi Antara Anjing dan Manusia


Pertanianku – Komunikasi antara anjing dan manusia tidak menggunakan bahasa. Anjing tidak mengerti bahasa manusia apapun jenis bahasanya. Begitu juga dengan manusia tidak mengerti apa yang digonggongkan oleh anjingnya. Jadi, dengan apa Anda bisa berkomunikasi dengan anjing kesayangan? Anjing mengerti bahasa isyarat dan nada suara. Apapun bahasa yang Anda gunakan, asalkan nada, tekanan, gaya bicara (logat bicara), dan jumlah suku katanya sama maka anjing akan mengerti.

Komunikasi Anjing dan Manusia

Bahasa Manusia ke AnjingJangan berpikir kalau anjing akan langsung mengerti bahasa isyarat  yang Anda lakukan di hadapannya. Anjing perlu waktu untuk mempelajari bahasa isyarat. Contohnya, ketika Anda mengeluarkan kalimat dengan nada tinggi dan raut muka marah disertai dengan gerakan menunjuk. Anjing akan menyimpan bahasa isyarat ini dalam memorinya, tetapi belum mengerti apa yang Anda maksud.

Agar anjing dapat mengerti apakah Anda marah atau tidak maka Anda juga harus memujinya jika anjing melakukan hal yang benar. Untuk memberikan perintah agar anjing melakukan sesuatu seperti duduk, berbaring, atau diam, Anda juga harus memberikan perintah dengan nada yang sama supaya anjing mudah mengingatnya.

Jika menggunakan bahasa sebaiknya tidak lebih dari dua suku kata, seperti “duduk “, “ti-dur”, “da-tang”, dan sebagainya.Begitu anjing mengikuti perintah Anda, berikan pujian agar anjing senang dan maumelakukannya lagi untuk Anda.Berikut ini penggunaan bahasa untuk anjing.

– Bahasa marah. Gunakan nada yang tinggi (bukan membentak), dan tampilkan raut muka marah atau tidak senang.

–  Bahasa memuji. Gunakan nada yang senang, raut muka tersenyum, berikan belaian, dan tepukan ringan di dadanya.

– Bahasa memerintah. Gunakan nada dengan sedikit tekanan pada suku kata kedua.

  • Bahasa Anjing ke Manusia

Anjing juga mengungkapkan isi hatinya kepada Anda melalui bahasa isyarat. Mungkin manusia lebih mudah memahami bahasa anjing karena memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dan bahasa rata-rata hampir sama. Anjing menggunakan bahasa dengan suara gonggongan yang berbeda-beda untuk tiap ungkapannya dan memakai bahasa isyarat tubuh.

Berikut ini contoh beberapa bahasa anjing untuk manusia.

-Isyarat jika senang. Kadang ada yang disertai dengan gonggongan ringan, tatapan mata riang, ekor dikibaskibaskan, pinggul digoyang-goyangkan, dan disertai dengan jilatan.

– Isyarat tidak senang. Tidak berani menatap terus-terusan kepada Anda, tatapan mata sedih, ekor diturunkan atau dilipat di antara paha, kadangdisertai suara seperti merintih, nadagonggongan tinggi/melengking.

– Isyarat marah. Tatapan mata seperti melotot, memperlihatkan seluruh giginya disertai dengan geraman, ekor dinaikan, bulu sekitar punggung dan ekor berdiri. Kalau sudahmemperlihatkan tanda-tanda seperti ini biasanya anjing tidak akan segan untukmenggigit.

  • Indera ke-6

Anjing memiliki indera ke-6. Artinyaanjing dapat memahami isi hati/perasaan Anda. Anjing dapat mengetahui apakah Anda sedang senang atau sedih. Indera ke-6 ini akan berfungsi jika Anda memiliki hubungan baik dengannya sehingga terjalin suatu hubungan batin. Anjing akan ikut merasa sedih dengan terlihat lebih diam jika Anda sedang sedih. Anjing akan terlihat riang dan mau mengajak Anda bermain jika sedang senang. Anjing akan mencoba menghibur Anda jika sedang mengalami kesedihan. Mungkin inilah salah satu dari kelebihan anjing dibanding hewan lainnya sehingga ia dijadikan sahabat terbaik manusia.

 

Sumber: Buku Cara Merawat Anjing

 

loading...
loading...