Cara Lain Mengonsumsi Mangga untuk Menikmati Khasiatnya

Pertanianku — Mangga merupakan buah musiman yang memiliki banyak penggemar karena rasanya yang manis. Tak hanya di Indonesia, buah mangga juga sudah terkenal di berbagai belahan dunia. Mangga merupakan buah yang berasal dari India dan Myanmar. Cara mengonsumsi mangga yang paling sederhana adalah dengan dikonsumsi langsung.

mengonsumsi mangga
foto: pertanianku

Buah ini kaya akan vitamin A, C, dan betakaroten. Dalam satu porsi buah mangga yang setara dengan 165 gram mampu memenuhi kebutuhan vitamin A 184 persen, vitamin E 12 persen, vitamin C 61 persen, vitamin B6 17 persen, kandungan serat lebih dari 50 persen, dan masih banyak lagi.

Saat ini sudah banyak aneka produk makanan yang terbuat dari mangga untuk menciptakan rasa mangga, seperti es krim, yoghurt, sirup, dan lain-lain. Umumnya, mangga memang dimakan secara langsung. Namun, ternyata ada cara lain mengonsumsi mangga yang lebih tepat untuk mendapatkan khasiat yang lebih optimal. Berikut ulasannya.

Loading...

Sebaiknya dimakan sebelum makan berat

Biasanya, mangga dijadikan sebagai hidangan pencuci mulut. Ternyata, cara tersebut kurang tepat karena tidak akan mendapatkan khasiat nutrisi buah mangga dengan optimal. Sebaiknya konsumsi buah mangga sebelum menu utama atau makanan berat di saat perut masih kosong. Namun, jika Anda penderita maag, usahakan isi perut dengan makanan terlebih dahulu.

Jangan buang kulit mangga

Kulit mangga ternyata berkhasiat sebagai masker muka yang mampu memuluskan wajah serta menghindarkan wajah dari serangan jerawat. Penggunaan kulit wajah cukup dengan ditempel bagian dalam kulit mangga ke wajah Anda, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Kulit mangga bekerja dengan membuka pori-pori wajah Anda yang tersumbat oleh kotoran dan menutrisi kulit wajah.

Baca Juga:  Penyebab Daun Cabai Keriting dan Cara Mengatasinya

Jangan mengonsumsi mangga yang terlalu manis

Bagi Anda penderita kencing manis atau diabetes melitus dengan kadar glukosa darah di atas 200 mg/dl, sebaiknya hindari mengonsumsi mangga yang terlalu manis meskipun sudah minum obat hipoglikemik atau obat penurun kadar glukosa darah.

Mangga baik untuk wanita saat haid

Di India, mangga dijadikan obat untuk menyembuhkan anemia dan menjadi buah yang diandalkan ketika wanita sedang dalam masa haid dan hamil.

Pelunak daging

Di beberapa negara tropis, buah mangga sering digunakan untuk melunakkan daging karena kandungan enzim proteolitik dalam mangga dapat berfungsi menghancurkan protein.

 

 

Loading...
Loading...