Cara Melatih Anak Anjing Buang Air


Pertanianku – Karena memiliki kantung kencing yang kecil dan saluran pencernaanyang belum sempurna maka anak anjing lebih sering buang air kecil dan besar  daripada anjing dewasa. Anak anjing juga belum tahu caranya menahan buang air kecil dan besar.

Melatih Anak Anjing Buang Air

Anda harus mengajak anak anjing ke tempat yang seharusnya ia melakukan buang air setelah makan atau minum. Usahakan selalu di tempat yang sama agar anak anjing mengerti di tempat itu harus melakukannya. Anak anjing atau anjing dewasa biasa akanmelakukan gerakan pemberitahuan sebelummelakukan buang air. Biasanya anjing akan berputar-putar di satu tempat sambil mengendus (sniffing) tempat yang dituju. Melatih Anak Anjing Buang AirJangan lupa untuk memberikan pujian jika anjing Anda buang air pada tempat yang benar, dengan begitu ia akan melakukannya lagi di lain waktu. Jangan memberikanhukuman yang berlebihan jika anjing melakukannya di tempat yang salah. Berikut 5 langkah melatih anak anjing buang air di tempat yang benar.

– Perhatikan tanda-tanda anjing yang ingin buang air, seperti melakukan gerakan berputar atau mengendus (sniffing). JikaAnda melihat anjing melakukan gerakan tersebut segera bawa ke tempat yang seharusnya.

– Anak anjing memiliki kantung kencingyang kecil dan pencernaan yang belum sempurna sehingga akan seringmelakukan buang air setelah makan,  minum, bermain, atau tidur. Pada malam hari, anjing juga harus buang air kecil setidaknya 3 kali dalam semalam.

– Hukuman bukan cara yang tepat untukmengajarkannya buang air di tempat yang benar. Anjing belum mengerti dan  mungkin saja menemukan tempat yangdisukainya untuk melakukan hal itu selagi Anda tidak berada di sisinya.

– Beri pujian pada anjing jika melakukannya di tempat yang benar.

– Selalu mengajak anjing di tempat yang sama untuk buang air. Cepat atu lambat anjing akan mengingat tempat yang benar untuk buang air dan menagih pujian Anda.

 

Sumber: Buku Cara Merawat Anjing

 

loading...
loading...