Cara Melatih Itik Makan yang Tepat

Pertanianku — Pada hari ketiga anak itik masuk ke kandang sudah harus makan. Anda dapat melatih itik makan dengan cara memberikan alas hamparan karung atau selembar koran pada kandang. Selanjutnya, lepas anak itik pada kandang yang sudah diberikan alas.

melatih itik makan
foto: pertanianku

Anda dapat menebarkan butiran nasi yang telah dicelupkan ke dalam air, lalu diperas di atas kerumunan anak itik. Butiran nasi yang ditaburkan akan melekat pada punggung anak-anak itik dan butiran nasi tersebut akan dipatuk oleh anak itik lainnya. Jika butiran nasi sudah habis, tambahkan sedikit lagi. Lakukan langkah tersebut hingga anak itik sudah tidak mau mematuk-matuk lagi.

Setelah anak itik sudah tidak mau mematuk nasi, lembaran koran yang menjadi alas kandang dapat diangkat. Kegiatan melatih makan itik dengan cara seperti itu harus dilakukan setiap hari hingga anak itik sudah benar-benar terlatih untuk makan.

Loading...

Itik biasanya akan sudah terbiasa setelah memasuki umur 10 hari. Setelah itu, anak itik dapat diperkenalkan dengan pakan tambahan berupa konsentrat.

Pemberian konsentrat dapat dilakukan dengan cara mencampurkan sedikit konsentrat ke dalam nasi yang sudah dicelupkan ke air dan diperas. Butiran nasi yang sudah tercampur dengan konsentrat dapat langsung diberikan pada anak itik. Pakan yang diberikan harus sesuai pedoman dan dosis yang tepat. Ini karena pakan harus cukup dan langsung habis tidak bersisa.

Pakan yang bersisa harus segera diangkat dari kandang. Sebab, jika tidak segera diangkat, akan menjadi biang penyakit untuk anak itik. Pada saat ini minum sudah dapat diberikan pada anak itik. Namun, harus diberikan dengan hati-hati dan dalam jumlah yang terbatas.

Cara lain untuk memberi makan itik yang masih berumur satu minggu adalah dengan memberikan pakan yang sudah jadi seperti BRI-S atau 511 yang berbentuk pelet/pur. Pakan ini biasa disebut sebagai meri. Meri yang diberikan dalam bentuk pakan kering harus diimbangi dengan pemberian air minum.

Baca Juga:  Memelihara Kambing yang Sedang Bunting

Pemberian air minum harus hati-hati agar tidak tumpah dan membasahi anak itik. Jika pakan kering yang diberikan berupa tepung, pemberian pakan tersebut harus ditambahkan air hingga tekstur pakan seperti bubur, tidak terlalu encer atau padat. Jika Anda memberikan pakan dalam bentuk ini, air minum tidak perlu diberikan pada anak itik karena kebutuhan air sudah dipenuhi dari pakan.

Pada umur 21 hari, anak itik dapat dikenalkan pada pakan dedak. Cara melatih itik makan dedak adalah mencampurkan sedikit dedak ke dalam pakan yang biasa dikonsumsi itik. Jumlah dedak yang dicampurkan tiap harinya akan bertambah sedikit demi sedikit hingga pada umur dua bulan itik sudah terbiasa mengonsumsi dedak. Cara ini berguna untuk mengurangi rasa kaget itik terhadap perubahan pakan.

Loading...
Loading...