Cara Melatih Mental Cucakrawa


Pertanianku   Dalam melatih mental cucakrawa, kita harus bersabar dan jangan terlalu dipaksakan. Pemaksaan hanya membuat burung stres sehingga dapat berakibat kurang baik. Cucakrawa dipindahkan ke tempat lain untuk melatih keberanian dalam berkicau di tempat yang baru. Lakukan cara seperti ini secara berkala dan tempatnya harus berbeda-beda dalam kurun waktu 1—2 minggu.

Gangguan Kesehatan pada Cucakrawa

 

Sekali waktu, tempatkan sangkar di tempat paling rendah selama 1 jam. Beberapa hari kemudian ditingkatkan waktunya. Latihan seperti itu pun harus dilakukan di tempat terbuka, seperti lapangan atau taman. Waktu penempatan sangkar di atas tanah yang baik pada pagi hari, saat menjemurnya. Selain itu, usaha membawanya ke tempat yang jauh dari rumah juga perlu dilakukan. Untuk menguji apakah cucakrawa mau berkicau di tempat tersebut atau tidak.

Mental cucakrawa perlu diukur dengan melihat kestabilannya dalam berkicau di lingkungan baru. Cucakrawa yang mentalnya kurang baik biasanya membutuhkan waktu lama untuk mau berkicau di lingkungan baru. Jika sudah dilatih, tetapi saat dibawa ke arena kontes cucakrawa jarang berkicau, berarti ada kesalahan dalam melatihnya.

 

Sumber: Buku Agar Cucakrawa rajin berkicau

Baca Juga:  Mudahnya Budidaya Ikan Cupang
loading...
loading...