Cara Memancing Burung Walet dengan Pohon Buah Naga

Pertanianku Memancing burung walet datang ke rumah yang belum pernah dihuni walet memang menjadi tantangan tersendiri. Coba tanam 50 pohon buah naga di dak teratas rumah walet. Pohon buah naga dapat memancing burung walet untuk mendekat ke rumah dan tertarik untuk singgah.

memancing burung walet
foto: Pertanianku

Anda dapat menanam pohon buah naga di drum bekas berdiameter 40 cm. Gunakan penyangga agar bisa mengarahkan batang buah naga yang tumbuh menjalar ke segala arah. Cara tersebut sudah terbukti ampuh mampu memancing kehadiran burung walet di dalam rumah.

Kekuatan buah naga untuk memancing kehadiran burung walet memang tidak terlalu besar. Akan tetapi, cara ini mampu membuat burung walet berdatangan secara bertahap sehingga jumlah populasi burung di dalam rumah dapat bertambah secara pasti.

Burung walet mau berdatangan ke rumah walet karena kehadiran serangga yang mengintai buah naga. Serangga tersebut merupakan hama bagi buah naga, tetapi sumber pakan bagi burung walet. Serangga akan beterbangan di daerah buah naga yang matang.

Sebenarnya, Anda dapat menanam berbagai jenis tanaman buah selain buah naga. Yang terpenting buah tersebut adalah buah yang tidak disukai oleh kelelawar. Jika buah tersebut disukai kelelawar, bisa dipastikan akan habis terlebih dahulu dimangsa kelelawar. Selain itu, kelelawar merupakan salah satu musuh walet.

Peternak sarang burung walet lama juga sering menanam rumput ilalang untuk mengundang serangga di sekitar rumah walet. Ilalang tersebut tidak berbahaya apabila ditanam di bagian dak atas rumah walet karena akar ilalang terbilang cukup pendek sehingga tidak dapat menembus dak.

Masih ada banyak lagi cara memancing burung walet datang ke rumah walet. Anda bisa menggunakan cara alami, seperti menggunakan tanaman. Selain itu, Anda dapat memakai suara tiruan ataupun sarang tiruan.

Baca Juga:  Langkah Mudah Mengatasi Serangan Hama Tikus di Rumah Burung Walet

Cara-cara tersebut dibahas di buku Rahasia Sukses Bisnis Walet dari Pakar dan Praktisi. Sesuai judulnya, pembahasan di dalam buku tersebut berisi kiat-kiat sukses langsung dari pakar dan praktisi yang sudah berpengalaman. Untuk mendapatkannya sebagai referensi, Anda bisa langsung menghubungi WhatsApp admin Penebar Swadaya.

 

 

 


loading...