Cara Memancing Walet dengan Kertas Karton

Pertanianku — Ada banyak cara untuk memancing walet datang ke rumah walet yang Anda siapkan. Cara yang paling sering dilakukan adalah memutarkan rekaman suara burung walet di dekat rumah walet atau memancing dengan makanan sebagai umpan. Selain kedua cara tersebut, Anda juga bisa menggunakan sarang palsu yang terbuat dari kertas karton.

memancing walet
foto: pertanianku

Sarang palsu tersebut berfungsi untuk memudahkan burung walet yang masih muda dan belum menghasilkan liur secara optimal. Sarang palsu tersebut akan digunakan oleh walet muda dengan cara melapisi bibir sarang dengan air liurnya. Kesuksesan penggunaan sarang palsu sudah bisa dilihat dari perilaku burung walet yang sering merebut sarang sriti dan melapisinya dengan air liurnya sendiri.

Sarang palsu tersebut juga bisa digunakan oleh burung walet yang memiliki sarang yang sudah rusak. Terkadang, ada beberapa walet yang kehilangan sarang. Oleh karena itu, walet membutuhkan sarang baru untuk meletakkan telurnya. Sarang walet di alam sering hilang karena diburu oleh manusia ataupun terjatuh sendiri.

Loading...

Dengan adanya sarang palsu, walet menjadikan sarang tersebut menjadi sarang darurat yang bisa digunakan untuk menaruh telurnya.

Sarang palsu bisa dibuat dari bahan kain handuk atau plastik. Namun, sarang juga bisa dibuat dengan kertas karton yang lebih murah. Sarang yang terbuat dari kertas karton tetap bisa memancing walet untuk bersarang di dalamnya. Karton yang digunakan adalah karton putih. Hal ini bertujuan membuat walet cepat bersarang dan berkembang biak di dalam sarang yang masih kosong.

Sarang dari kertas karton memiliki beberapa kelebihan, di antaranya mudah dibentuk, harganya murah, dan sangat efektif untuk memancing kehadiran walet di rumah yang masih kosong. Cara pembuatan sarang walet dari kertas karton bisa dibaca dalam buku Memancing Walet dengan Kertas Karton terbitan Penebar Swadaya.

Baca Juga:  Membuat Pelet Semakin Efisien dengan Mesin Pencetak Pelet

Bahan kertas yang digunakan sebagai sarang palsu juga bisa memberikan rasa kenyamanan bagi walet karena empuk. Selain itu, walet mudah mencengkeram sarang dengan kuku-kukunya.

Cara membuat hingga menggunakan sarang palsu dari kertas karton bisa Anda baca lebih lanjut dalam buku Memancing Walet dengan Kertas Karton. Segera hubungi admin Penebar Swadaya untuk mendapatkan buku tersebut dan mempraktikkannya agar Anda sukses dalam menjalankan usaha sarang burung walet.

Loading...
Loading...