Cara Memandikan Burung Kicauan

Pertanianku — Burung peliharaan yang dirawat dalam sangkar harus dijaga kesehatan serta kebersihannya agar berumur lebih panjang. Salah satu cara menjaga kebersihannya adalah dengan memandikan burung kicauan secara rutin. Sama seperti manusia, burung juga perlu dimandikan untuk menjaga kebersihan tubuhnya meskipun hanya berada di dalam sangkar.

memandikan burung kicauan
foto: pertanianku

Meskipun terlihat hanya berada di dalam kandang, burung tetap saja terkena hempasan angin yang membawa debu dan akhirnya menempel di tubuh burung. Debu tersebut bisa saja membawa penyakit yang membahayakan kesehatan burung. Oleh karena itu, burung perlu dimandikan.

Selain itu, memandikan burung kicauan dapat mengembalikan kesegaran tubuh serta membuat bulu burung menjadi lebih mengilap dan bersih. Hal tersebut tentunya menjadi suatu kebanggaan tersendiri ketika melihat burung peliharaan yang sudah bersih dan bisa berkicau indah karena kondisi tubuhnya yang sehat.

Loading...

Cara memandikan burung kicauan terbilang lebih mudah dibanding jenis burung lainnya, seperti perkutut dan derkuku. Burung tersebut harus ditangkap terlebih dahulu dan dimandikan dengan menggunakan tangan agar burung benar-benar bersih.

Ada dua teknik memandikan burung berkicau, di antaranya disemprot dengan air atau dimandikan di dalam bak air.

Memandikan burung yang menggunakan teknik menyemprot sebenarnya terbilang kurang sempurna karena bisa saja ada daerah yang tidak terkena air. Selain itu, Anda harus memastikan air semprotan tidak masuk ke hidung burung karena bisa menyebabkan burung menjadi sakit. Namun, cara ini terbilang cukup mudah, Anda tidak perlu memegang burung kicau.

Sementara itu, memandikan burung dengan cara dimandikan di dalam bak air bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu menaruh sangkar di atas bak air yang sudah tersedia, lalu tarik bagian bawah sangkar agar burung bisa menuju air dengan naluri untuk mandi.

Baca Juga:  Manfaat Kelabang untuk Pakan Arwana

Cara kedua dilakukan dengan memindahkan burung ke sangkar pemandian yang sudah disediakan. Biarkan beberapa saat hingga burung mandi dengan sendirinya.

Karena proses memandikan burung menjadi salah satu kegiatan pemeliharaan yang harus dilakukan, Anda harus menyediakan bak air sebagai salah satu prasarana penting.

 

 

Loading...
Loading...