Cara Memanfaatkan Ampas Tahu Sebagai Pakan Tambahan untuk Kambing

PertaniankuAmpas tahu merupakan limbah dari pengolahan tahu yang masih dapat dimanfaatkan kembali sebagai pakan kambing. Hal ini disebabkan oleh kandungan gizi yang cukup tinggi, misalnya kandungan protein.

ampas tahu
foto: Pertanianku

Ampas dapat digunakan bersama dengan konsentrat atau diberikan secara langsung untuk meningkatkan kualitas ransum.

Kandungan air pada ampas tahu yang basah, cukup tinggi sekitar 85,45 persen. Kandungan air yang tinggi menyebabkan ampas tidak bisa disimpan lebih lama dan harus digunakan segera. Namun, jika ampas dikeringkan hingga kadar airnya menjadi 12 persen, ampas masih bisa disimpan.

Kandungan bahan kering di dalam ampas tahu antara lain protein kasar sekitar 30,30 persen, abu 5,10 persen, lemak kasar 9,9 persen, serat kasar 22,20 persen, BETN 32,50 persen, dan TDN 77,9 persen.

Anda dapat memberikan ampas sebanyak 0,2—1 kg untuk satu ekor kambing setiap harinya. Sementara itu, waktu pemberian ampas yang paling ideal adalah 2—3 jam sebelum pemberian pakan hijauan.

Pakan tambahan tersebut sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan gizi ternak. Pakan ini biasanya diberikan oleh peternak yang menggunakan sistem intensif. Khusus untuk kambing perah, pakan tambahan ini sangat diperlukan karena dapat mencegah induk kambing menjadi kurus dan kualitas produksi susu yang dihasilkan berkurang pada masa puncak laktasi.

Tentunya pemberian ampas tahu harus diiringi dengan pemberian pakan berkualitas jika Anda ingin mendapatkan hasil yang terbaik. Hal ini karena status ampas hanya pakan tambahan.

Selain ampas tahu, Anda juga dapat memberikan pakan tambahan berupa konsentrat, ampas tempe, ampas kecap, ampas singkong, bungkil kedelai, tepung jagung, cacahan singkong segar, pepaya muda, dedak padi, kulit kopi, tongkol jagung, kulit kakao, dan lainnya.

Baca Juga:  Kiat Memberikan Pakan Hidup untuk Burung Cucakrawa

Ampas tahu cukup sering dipilih oleh peternak sebagai pakan tambahan, khususnya peternak yang dekat dengan lokasi pengolahan tahu. Pasalnya, ampas ini tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan nutrisi kambing, tetapi juga dapat menambah asupan energi. Selain itu, peternak juga dapat mengefisiensikan biaya pakan yang memiliki komposisi cukup besar dalam biaya produksi karena biasanya harga ampas tahu tidak begitu mahal.