Cara Memangkas Tanaman Tomat yang Benar

Pertanianku — Selama masa perawatan, tanaman tomat juga perlu dipangkas sama seperti tanaman lainnya. Memangkas tanaman tomat bertujuan mengurangi jumlah tunas dan pucuk batang sehingga perkembangan buahnya maksimal. Apabila tanaman tomat menghasilkan buah yang terlalu rimbun, kemungkinan besar buah yang dihasilkan justru kecil dan proses pematangannya berlangsung lebih lama. Hal ini dikarenakan banyak hara yang dibutuhkan untuk pertumbuhan daun.

memangkas tanaman tomat
foto: Pixabay

Manfaat lain dari memangkas tanaman tomat secara rutin ialah mengurangi gangguan hama dan penyakit karena tidak ada bagian yang saling menumpuk sehingga tingkat kelembapan tidak tinggi. Ada tiga macam pemangkasan yang dapat dilakukan untuk tanaman tomat, berikut ulasannya.

Pemangkasan tunas muda

Tanaman tomat banyak ditumbuhi oleh tunas sehingga mengganggu kelangsungan hidup tanaman itu sendiri. Oleh karena itu, kelebihan tunas perlu dikurangi. Tunas yang muncul di antara batang tanaman dipotong sehingga yang tertinggal hanya batang daun utamanya.

Cara memangkasnya cukup dengan menggunakan tangan karena batang tomat termasuk lunak. Tangan harus bersih untuk mencegah penularan hama atau penyakit, terutama virus. Selain itu, adanya luka baru akan memudahkan hama atau penyakit tersebut masuk ke tanaman.

Pemangkasan batang

Jika di atas tandan buah yang kelima tumbuh dua helai daun, saatnya batang tersebut dipangkas ujungnya. Tujuan pemangkasan batang ini adalah untuk mempercepat proses pemasakan buah. Namun, jika ada tunas yang tumbuh kuat pada batang di sekitar tandan buah yang kelima, batang tidak perlu dipangkas.

Pertumbuhan tomat yang subur biasanya mempunyai 2–3 tunas cabang pada setiap batangnya. Tunas cabang ini akan berkembang menjadi batang utama baru. Dengan demikian, cabang utama yang berlebih ini harus dikurangi. Bila dalam memangkas takut meninggalkan luka yang terlalu banyak, dapat menggunakan pisau yang tajam.

Baca Juga:  Keunggulan Kakao Masamba

Pemangkasan bunga dan buah

Selain pemangkasan di atas, penjarangan bunga atau bakal buah juga baik dilakukan. Jumlah bakal buah yang ideal sekitar 6–8 buah saja. Pengurangan kuantitas tersebut akan mendatangkan keunggulan kualitas. Pemangkasan tidak perlu dilakukan kalau yang diinginkan adalah buah tomat dengan ukuran beraneka ragam.