Cara Memasang Mulsa Plastik Hitam Perak

Pertanianku — Salah satu kemudahan yang bisa digunakan oleh petani cabai adalah mulsa plastik hitam perak, seperti untuk pemeliharaan gulma, tenaga kerja, dan biaya pestisida. Penggunaan MPHP juga memudahkan para petani untuk melindungi tanaman dari serangan hama dan penyakit yang berisiko menyerang tanaman cabai.

mulsa plastik hitam perak
Foto: Pertanianku

Sebelum memasang mulsa plastik hitam perak di bedengan, Anda terlebih dahulu harus melakukan pemupukan buatan sekaligus. Hal ini dikarenakan selama proses pemeliharaan tanah akan tertutup dengan mulsa dan untuk memudahkan pemenuhan nutrisi tanaman, pupuk diberikan sekaligus sebelum pemasangan mulsa. Berikut ini langkah mudah memasang mulsa plastik hitam perak.

Kebutuhan pupuk

Loading...

Anda harus menghitung kebutuhan pupuk yang dibutuhkan selama proses pemeliharaan. Jika menggunakan NPK (15:15:15) sebagai pupuk dasar, pupuk yang dibutuhkan sebanyak 700 kg NPK/hektare. Jika bedengan yang dibuat sepanjang 12 meter dengan rata-rata lebar 1 meter, pupuk yang diperlukan sebanyak 1.200 kg. Tambahkan 1 kg Borate dan 1,5 kg Furadan untuk setiap 100 kg pupuk.

Cara memberikan pupuk

Setelah dosis pupuk yang dibutuhkan sudah tersedia, berikan pupuk tersebut dengan cara ditebar merata ke bedengan. Selanjutnya, aduk dan dibalikkan dengan tanah bedengan. Ratakan kembali bedengan sambil dirapikan. Setelah itu, siram bedengan dengan air secukupnya agar pupuk larut dan masuk ke lapisan tanah.

Waktu yang tepat untuk pemasangan mulsa

Pemasangan MPHP sebaiknya dilakukan pada saat matahari sedang terik, yaitu sekitar pukul 13:00—15:00 untuk memudahkan plastik memanjang atau memuai sehingga seluruh tanah dapat ditutup serapat mungkin. Pemasangan akan semakin mudah jika dilakukan oleh dua orang.

Cara memasang MPHP

Tarik kedua ujung MPHP pada masing-masing ujung bedengan dengan arah memanjang. Berikan pasak bilah bambu berbentuk U di setiap sisi bedengan. Selanjutnya, tarik lebar MPHP dari bagian sisi kiri dan kanan hingga bedengan tampak rata tertutup mulsa. Biarkan bedengan yang sudah ditutup mulsa selama 5 hari agar pupuk yang diberikan menyatu dengan tanah dan tidak membahayakan bibit yang akan ditanam.

Baca Juga:  Jenis-jenis Kacang Panjang yang Mudah Ditemui di Pasaran

Buat lubang tanam

Setelah mulsa terpasang dengan rapi, buatlah lubang tanam sesuai dengan jarak tanam yang diinginkan. Anda bisa menggunakan tali rapia untuk  memudahkan Anda membuat lubang tanam agar tidak melenceng. Anda bisa membuat lubang tanam dengan kaleng bekas susu kental manis. Buatlah salah satu alas permukaan kaleng bergerigi untuk melubangi mulsa.

 

Loading...
Loading...