Cara Mematangkan Avokad dengan Cepat

Pertanianku — Biasanya, konsumen menyukai membeli buah yang belum terlalu matang sehingga bisa disimpan lebih lama. Namun, ada kalanya konsumen juga ingin buah yang sudah dibeli menjadi lebih cepat matang. Salah satu jenis buah tersebut adalah avokad. Ada tips cara mematangkan avokad dengan cepat yang bisa Anda praktikkan.

cara mematangkan avokad
Foto: freepik

Bungkus bersama buah lain

Membungkus buah avokad bersama buah lain yang sudah matang bisa mempercepat pematangan buah avokad. Anda bisa menggunakan beragam jenis wadah, mulai dari kantong kertas hingga wadah plastik untuk membungkus buah-buahan ini.

Loading...

Buah yang sudah matang biasanya akan melepaskan zat etilen. Zat inilah yang akan membantu avokad mencapai kematangannya. Oleh karena itu, cara ini merupakan yang paling mudah dan avokad pun akan matang.

Masukkan avokad ke kantong bersama buah yang sudah matang seperti apel, pisang, jeruk, ataupun tomat. Tutup wadah tersebut dan biarkan dalam suhu ruangan. Periksa secara berkala. Dalam kurun waktu 1—3 hari, biasanya avokad akan matang seluruhnya. Kulit avokad yang sudah matang akan berubah lebih gelap.

Rendam dengan beras

Cara lain yang bisa Anda coba adalah dengan merendam avokad dalam beras. Dengan cara ini, suhu avokad pun akan meningkat sehingga proses pemasakan terjadi lebih cepat. Anda hanya perlu menyiapkan beras dalam wadah. Rendam avokad ke dalam beras dan tutup wadah dengan rapat.

Panggang di oven atau microwave

Pematangan avokad dengan cara ini terbilang yang paling cepat. Daging buah yang dihasilkan akan menjadi lembut dan empuk.

Namun, kekurangan metode ini adalah rasa daging buah yang tidak begitu manis karena tidak terjadi pembentukan glukosa dari pati. Selain itu, tampilan luarnya pun kurang menggoda karena kulitnya akan berwarna kehitaman.

Baca Juga:  4 Jenis Melon Populer di Indonesia

Mematangkan avokad dengan microwave cukup mudah, yaitu Anda langsung memasukkan avokad ke microwave atau oven. Jika dengan oven, panaskan hingga suhu 93 derajat Celcius selama kurang lebih 10 menit. Ambil buah avokad dan jika masih belum lunak Anda bisa memanaskannya kembali. Daging avokad yang masih sangat keras membutuhkan waktu pengovenan hingga kurang lebih 1 jam.

Loading...
Loading...