Cara Membawa Anjing Bepergian


Pertanianku – Anda ingin bepergian jauh ke suatu tempat selama beberapa hari? Misalnya Anda pergi berlibur, berkunjung ke rumah saudara atau teman di luar kota, maupun bepergian untuk urusan bisnis.

Taukah Kalian Bahwa Berenang Baik untuk Anjing?

Bagi Anda yang memelihara anjing di rumah, sebelum dan selama bepergian harus membuat rencana-rencana untuk mengurusnya agar tidak telantar, seperti menyiapkan kandang khusus untuk bepergian, meminta bantuan kerabat untuk mengurus anjing Anda, atau menyewa tenaga pengasuh anjing.

  • Pengasuh Hewan

Bila di rumah memiliki banyak anjing, ada baiknya Anda meminta bantuan seorang pengasuh untuk mengurus dan menjaganya di saat Anda bepergian. Pastikan orang yang akan mengurus anjing Anda ini benar-benar seorang pengasuh dengan reputasi baik. Berikan beberapa informasi mengenai anjing Anda kepada pengasuh sebelum pergi, misalnya jenis makanan yang biasa Anda berikan (termasuk berapa banyak dan kapan anjing makan, serta jangan lupa untuk menyediakan cukup makanan sebelum Anda pergi), menyampaikan hal-hal yang berhubungan dengan masalah medisnya, serta hal apa saja yang boleh dan tidak anjing lakukan.

  • Membawa Anjing Pergi Berlibur

Jika memang berniat membawa anjing kesayangan untuk pergi berlibur bersama, Anda harus membiasakan dirinya bepergian. Jika akan menggunakan transportasi umum saat bepergian, ada baiknya memperhatikan peraturan-peraturan yang ada. Jika bepergian dengan menggunakan mobil, menempatkan anjing dalam kandang merupakan cara yang paling aman untuk berbaring, berputar, atau berdiri di dalamnya. Jangan lupa untuk berhenti dan beristirahat sejenak selama perjalanan, dan jangan tinggalkan anjing sendirian di dalam mobil tanpa pengawasan sama sekali.

  • Membawa Anjing Pergi ke Luar Negeri

Bepergian ke luar negeri ditemani anjing Anda saat ini semakin mudah karena keberadaan Pet Travel Scheme (PETS). Namun Anda tetap harus memperhatikan kondisi dan peraturan yang ada serta melengkapi anjing Anda dengan dokumen-dokumen yang sesuai, seperti kartu vaksinasi dan perawatan medis lainnya untuk mempermudah keluar dan masuk ke suatu negara.

Baca Juga:  Mudahnya Budidaya Ikan Cupang

Sumber: Cara Merawat Anjing

loading...
loading...