Cara Membedakan Indukan Lele Jantan dan Betina

Pertanianku — Proses membedakan lele jantan dan betina dibutuhkan pada saat Anda ingin memijahkan ikan tersebut untuk menghasilkan benih. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui cara membedakan lele jantan dan betina. Pasalnya, secara kasat mata kedua lele tersebut akan terlihat sama saja karena warna tubuhnya berubah menjadi cokelat kemerahan.

membedakan lele jantan
foto: pertanianku

Proses identifikasi kelamin indukan lele sangat memengaruhi keberhasilan pembenihan yang akan dilakukan. Berikut ini ciri-ciri dari indukan lele jantan dan betina yang bisa Anda amati.

Induk betina memiliki perut yang lebih buncit dan lembek. Gerak induk betina terbilang lambat dan jinak sehingga mudah ditangkap. Alat kelamin lele betina terlihat membulat dan mengembang berwarna merah jambu. Jika bagian perutnya diurut ke arah kelamin, akan keluar telur berwarna kuning tua kecokelatan.

Sementara itu, indukan lele jantan memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping dari lele betina. Gerakan lele jantan juga agresif dan lincah. Alat kelamin lele jantan terlihat memanjang, meruncing, serta berwarna kemerahan.

Semua ciri-ciri tersebut akan tampak jika lele sudah siap untuk dipijah. Dalam proses pemijahan, Anda membutuhkan indukan yang sudah benar-benar dipijahkan agar hasil benih yang didapatkan jadi lebih maksimal.

Namun, tidak semua indukan siap dipijahkan dalam satu waktu yang sama. Tidak semua indukan yang baru dibeli bisa langsung siap dipijahkan. Oleh karena itu, Anda harus melakukan seleksi induk yang siap untuk dipijahkan.

Saat ingin membeli indukan, Anda harus mengetahui dua macam indukan, yaitu calon indukan dan indukan yang siap memijah. Jika Anda membeli calon indukan, indukan tersebut harus dilakukan pematangan gonad terlebih dahulu selama 2—3 bulan. Setelah itu, indukan sudah bisa dicoba untuk dipijahkan.

Baca Juga:  Langkah Mudah Mengatasi Ikan Arwana yang Stres

Induk yang sudah siap dipijahkan akan dikarantina terlebih dahulu, para pembudidaya lele biasa menyebutnya pemberokan. Meskipun sudah terlihat sesuai dengan kriteria induk yang siap dipijahkan, indukan tersebut tidak bisa langsung dipijahkan. Tujuan dari pemberokan adalah memastikan induk benar-benar siap untuk dipijahkan dan kondisi kesehatannya sangat baik. Masa pemberokan biasanya berlangsung selama 1—2 hari.

 

 

 


loading...