Cara Membedakan Kelamin Jantan dan Betina pada DOC

Pertanianku — DOC (Day Old Chick) merupakan sebutan untuk anak ayam yang baru menetas hingga berumur 2 minggu. DOC yang baru menetas harus segera dipindahkan dari mesin tetas setelah bulunya mengering. DOC harus dipisahkan berdasarkan jenis kelaminnya untuk keperluan usaha. Membedakan kelamin DOC bisa dilakukan dengan mengamati bentuk fisiknya.

kelamin DOC
foto: pertanianku

Pemisahan antara jantan dan betina harus dilakukan secepat mungkin agar hasilnya jauh lebih baik. Pasalnya, pertumbuhan anak ayam jantan lebih cepat dibandingkan anak ayam betina. Jika pemisahan tidak dilakukan secepatnya, bisa menyebabkan persaingan yang tidak sehat antara betina dan jantan karena perbedaan ukuran. Anak ayam betina biasanya akan kalah dalam persaingan tersebut sehingga dapat menyebabkan gangguan pada pertumbuhannya.

Loading...

Untuk usaha ayam petelur, DOC betina lebih diperlukan untuk menghasilkan telur. Sementara itu, ayam jantan dipelihara untuk dijadikan ayam pedaging atau pejantan.

Perbedaan kelamin DOC bisa dilihat dari kloaka, jantan hanya memiliki kloaka seperti satu titik kecil, sedangkan betina tidak memiliki atau paling hanya terlihat berbentuk garis. Tanda tersebut akan terlihat di bagian bawah kloaka. Bentuknya berlainan, ada yang agak lonjong seperti butiran beras atau bulat. Ukuran tanda tersebut sangat kecil, kira-kira hanya sebesar ujung jarum. Tanda tersebut baru membesar menjadi sekitar ¼ mm setelah DOC berumur 2 minggu.

Selain memerhatikan bagian kloaka, Anda juga bisa mengidentifikasi kelamin DOC dari bentuk fisik anak ayam. Bentuk fisik akan terlihat ada perbedaan ketika anak ayam sudah berumur 1 bulan. Meskipun sudah ada perbedaan belum terlalu jelas.

Untuk anak ayam jantan memiliki jengger yang tumbuh lebih tegas, besar, dan bergerigi nyata. Pada bagian mata terlihat lebih besar dan bercahaya. Sementara itu, anak ayam betina memiliki jengger yang pendek dan tipis serta pada bagian mata terlihat kecil dan lemah.

Baca Juga:  Kelebihan Rumput Odot Dibandingkan Pakan Hijauan Lainnya

Dari postur tubuh, anak ayam jantan berukuran lebih besar, padat, tinggi, dan gagah. Anak ayam betina terlihat lebih pendek dan lembek.

Jika dilihat dari bulu ekor, anak ayam jantan memiliki pertumbuhan bulu ekor yang lebih cepat dibandingkan bulu di bagian tubuh lainnya. Sementara itu, anak ayam betina memiliki pertumbuhan bulu badan yang merata.

Anak ayam jantan memiliki kaki yang kuat, besar, dan kokoh. Adapun anak ayam betina berkaki pendek dan kecil. Dengan begitu, jika dilihat sekilas, anak ayam yang jantan memang terlihat lebih gagah, kekar, dan tinggi. Sementara itu, anak ayam betina lebih terlihat kecil, agak lemah, lembek, dan pertumbuhan bulunya merata.

 

Loading...
Loading...