Cara Membeli Durian di Pinggir Jalan Antigagal

Pertanianku — Biasanya di kota-kota besar sangat jarang dijumpai pohon durian sehingga banyak penjual durian di pinggir jalan yang dipasok dari berbagai daerah penghasil durian. Anda pasti menginginkan buah yang manis tetapi belum tahu caranya membeli durian di pinggir jalan yang tepat. Jangan khawatir, Anda bisa memilih durian di pinggir jalan dengan memerhatikan beberapa hal.

durian pinggir jalan
foto: unsplash

Saat Anda membeli durian di pinggir jalan pasti Anda ditawari berbagai macam harga dan tentunya dengan berbagai macam kualitas. Harga yang mahal belum tentu memiliki mutu yang baik, begitu pun buah yang harganya murah belum tentu berkualitas buruk. Semua itu hanya bergantung pada taktik dagang para pedagang durian.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara memilih pada saat membeli durian pinggir jalan yang tepat agar tidak terkecoh dan bisa mendapatkan buah yang lezat. Simak ulasan berikut.

Loading...

Bentuk buah

Pilihlah buah yang berbentuk bulat karena edible portion-nya lebih tinggi dibanding buah yang berbentuk lonjong. Bentuk buah yang bulat berarti ke-5 juringnya terisi sempurna. Jika buah yang berbentuk bengkok berarti memiliki daging buah kosong (kulit saja) karena penyerbukan buah yang tidak sempurna.

Pada bagian ujung buah tidak merekah. Sebab, bagian ujung yang merekah buah mengalami ‘masuk angin’ dan akan menyebabkan daging buah menjadi hambar.

Buah yang berduri lebar dan jarang memiliki daging buah yang cenderung lebih kering (tidak lembek) dibandingkan buah durian yang memiliki duri yang panjang dan rapat.

Jika ada, pilihlah buah durian yang besar tapi ringan. Ini kemungkinan biji yang berada di dalamnya kecil dan kempes.

Tangkai buah

Bagian tangkai buah sudah terlepas secara alami yang ditandai dengan permukaan tangkai yang kasar, berbeda dengan buah yang dipotong rata oleh pisau. Tangkai buah yang manis pendek dan berdiameter ‘tebal’ karena isi daging buah lebih banyak.

Baca Juga:  Pemberian Air untuk Tanaman Buah Tidak Boleh Dilakukan Sembarangan

Aroma

Cium bagian ujung buah, apabila buah sudah tercium harum berarti buah sudah masak di pohon.

Ketuk buah durian

Buah yang sudah matang di pohon akan berbunyi “bluk-bluk” saat buah diketuk dengan gagang pisau. Jika suaranya berbunyi “plek-plek.”, buah tersebut masih mentah.

Ukuran buah

Buah berukuran kecil, sekitar 1—2 kg biasanya memiliki daging buah yang matang merata daripada buah yang berukuran lebih dari 3 kg.

Loading...
Loading...