Cara Memberantas Hama Ciplukan


Pertanianku — Ciplukan menjadi populer karena diketahui buah ini banyak mengandung manfaat untuk kesehatan. Banyak orang berusaha membudidayakan ciplukan demi mendapat keuntungan, baik untuk digunakan sendiri maupun untuk dijual. Namun, dalam budidaya tanaman pasti selalu ada gangguan seperti hama. Nah, cara memberantas hama ciplukan cukup mudah untuk dilakukan.

memberantas hama ciplukan
Foto: Google Image

Hama pada tanaman ciplukan terbagi menjadi beberapa golongan yang otomatis cara penanggulangannya pun berbeda-beda. Berikut daftar hama tanaman ciplukan dan cara penanggulangannya.

  1. Gulma

Gulma atau tanaman liar yang tumbuh di dekat tanaman ciplukan akan mencuri sebagian nutrisi yang ada dalam tanah sehingga mengurangi jatah nutrisi untuk tanaman ciplukan itu sendiri. Maka dari itu, pemberian lapisan plastik atau jerami pada bedengan bertujuan mencegah tumbuhnya gulma di sekitar tanaman ciplukan sehingga kita tidak perlu repot-repot melakukan penyiangan.

  1. Hama serangga

Hama dari jenis serangga yang biasa menyerang ciplukan ialah ulat (menyerang daun dan buah), kutu daun (menyerang daun), lalat buah (menyerang buah), dan uret (menyerang akar).

Penanggulangannya, yaitu diberikan perlakuan insektisida dengan cara disemprot. Khusus untuk lalat buah, gunakan insektisida yang memiliki bau menyengat dan untuk uret diberi insektida tabur dengan cara dikocor ke lubang tanam. Insektisida banyak dijual di toko-toko pertanian.

  1. Hama jamur

Serangan jamur patogen juga dapat terjadi terutama pada kondisi lingkungan terlalu lembap dengan kadar nitrogen yang terlalu tinggi (biasanya pada musim penghujan). Maka dari itu, penting untuk mengurangi pemberian pupuk NPK pada musim hujan.

Jamur ada yang menyerang daun ataupun akar. Tanaman yang terserang jamur pada akarnya akan menunjukkan gejala layu di siang hari dan lama-kelamaan akan mati. Untuk menanggulanginya, Anda dapat menggunakan fungisida dengan cara disemprot atau dikocor. Fungisida juga mudah ditemui di toko pertanian.

  1. Hama bakteri
Baca Juga:  Cara Bertanam Tomat Agar Tahan Hama dan Penyakit

Hampir menyerupai jamur, serangan bakteri patogen juga menunjukkan gejala layu yang dalam waktu singkat akan membuat tanaman mati. Bagian tanaman yang diserang, yakni akarnya. Cara mengatasinya dengan mengocorkan bakterisida pada akar tanaman yang menunjukkan gejala terserang bakteri.

loading...
loading...