Cara Memberikan Pakan Lele Berdasarkan Jenis Pakannya

Pertanianku— Setiap jenis pakan yang diberikan memiliki karakteristik yang berbeda-beda, Anda perlu memberikan pakan lele dengan cara yang benar dan sesuai dengan karakteristiknya agar bisa berfungsi maksimal. Contohnya, lele lebih mudah merasa lapar ketika diberikan pakan pelet karena pelet lebih mudah hancur dan diserap usus.

pakan lele
foto: pertanianku

Sementara itu, lele yang diberikan pakan seperti daging ayam, bekicot, keong mas, dan kodok mati tidak akan cepat lapar. Hal ini karena pakan tersebut mengandung protein dan lemak yang tinggi, padat, serta susah dicerna sehingga ikan tidak mudah merasa lapar. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui karakteristik pakan.

Selain agar pakan berfungsi optimal, penggunaan pakan juga akan jauh lebih efektif dan tidak boros. Berikut ini beberapa cara pemberian pakan yang sesuai dengan jenis pakan.

Magot

Magot merupakan larva dari lalat jenis tertentu, magot tersebut mengandung protein yang tinggi sehingga sangat bagus diberikan untuk benih ikan. Magot yang akan diberikan harus dibersihkan terlebih dahulu dan langsung diberikan pada lele. Jumlah magot yang diberikan harus disesuaikan dengan jumlah benih yang ada agar tidak boros atau bahkan kekurangan.

Kecebong

Kecebong bisa Anda tangkap di alam dan langsung diberikan pada ikan lele. Jumlah kecebong yang diberikan harus sesuai dengan jumlah benih yang ada di dalam kolam.

Pelet

Pelet bisa diberikan secara langsung pada ikan atau direndam dengan suplemen dan probiotik sebelum diberikan. Pelet merupakan pakan yang sangat mudah dicerna sehingga ikan akan lebih sering merasa lapar. Pelet setiap harinya diberikan minimal sebanyak 3—5 persen dari total bobot ikan yang dipelihara.

Ayam mati

Ayam mati harus dibakar terlebih dahulu hingga bulunya habis. Setelah itu, berikan pada ikan lele dengan cara digantung atau dicincang. Ayam mati mengandung lemak dan protein yang tinggi sehingga susah dicerna oleh ikan. Hal tersebut menyebabkan rasa kenyang bisa bertahan lebih lama.

Baca Juga:  Jangan Sampai Salah, Begini Cara Memberikan Pakan Ikan Arwana yang Tepat

Keong mas atau bekicot

Keong mas atau bekicot harus direbus dan dicungkil dagingnya terlebih dahulu. Setelah itu, cincang dagingnya dan berikan pada ikan. Pakan ini juga mengandung protein yang tinggi sehingga susah dicerna oleh ikan.

Usus atau kulit ayam

Usus atau kulit ayam harus direbus dahulu. Setelah itu, dicuci dan cincang-cincang dengan ukuran kecil. Pakan ini mengandung lemak yang tinggi sehingga sulit dicerna oleh ikan.

 

 


loading...