Cara Memberikan Pestisida Saat Musim Hujan

Pertanianku — Pemberian pestisida tidak bisa dilakukan sembarangan, apalagi pada musim hujan. Banyak yang menyarankan untuk tidak memberikan pestisida pada musim kemarau agar pestisida bisa berfungsi dengan baik.

memberikan pestisida
foto: pixabay

Waktu yang tepat untuk memberikan pestisida adalah pagi atau sore hari saat tidak ada angin kencang dan tidak ada tanda-tanda hujan akan turun. Memberikan pestisida bisa dilakukan pada pukul 06:00—09:30 atau di atas pukul 15:00. Pada waktu-waktu tersebut, hama sedang tidak banyak bergerak sehingga pemberian pestisida akan menjadi lebih efektif karena mengenai hama yang diincar.

Penyiraman pestisida yang dilakukan pada waktu yang tepat dapat menghindarkan risiko pestisida tercuci oleh air hujan atau hilang karena terbawa oleh embusan angin yang kencang

Loading...

Pemberian pestisida tidak boleh dilakukan setelah hujan turun. Ini karena biasanya permukaan daun masih licin dan basah bekas air hujan. Hal tersebut akan menyebabkan butiran pestisida akan sulit melekat di daun.

Pemberian pestisida pada musim hujan bisa ditambahi dengan bahan perata perekat yang bertugas untuk memberikan daya rekat pada pestisida di daun, terutama pada daun tanaman yang berlapis lilin dan berbulu halus.

Bahan perekat tersebut hanya perlu ditambahkan ke dalam larutan pestisida yang sudah Anda miliki. Setelah tercampur merata, pestisida tersebut sudah bisa digunakan. Dosis bahan perekat yang digunakan harus sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Biasanya, dosis anjuran tersebut sudah tercantum pada kemasan bahan perekat tersebut.

Pestisida biasanya disemprotkan dengan nozzle pada sprayer. Jenis nozzle yang bisa digunakan adalah cone nozzle. Sementara itu, untuk menyemprotkan herbisida, nozzle yang digunakan adalah polijet agar mampu menghasilkan pancaran yang berbentuk kipas.

Usia nozzle yang digunakan juga dapat memengaruhi hasil semprotan, terkadang ada nozzle yang banyak mengalami sumbatan dan berlubang besar karena sering ditusuk-tusuk. Jika sudah seperti ini, Anda perlu mengganti nozzle tersebut agar penyemprotan pestisida bisa berjalan dengan sempurna.

Baca Juga:  Strategi Meningkatkan Produktivitas Pohon Kakao Saat Perubahan Iklim

Selain nozzle, Anda juga perlu memerhatikan tangki sprayer yang terbuat dari logam. Sebaiknya, gunakan tangki yang terbuat dari plastik agar lebih efisien ketika digunakan.

 

 

Loading...
Loading...