Cara Memberikan Pupuk Daun pada Tanaman Cabai

Pertanianku— Pupuk daun bisa diberikan pada tanaman cabai untuk merangsang pertumbuhan tanaman dengan baik sehingga tidak mudah terserang oleh hama dan penyakit. Pupuk daun merupakan pupuk yang diberikan melalui daun. Pupuk daun tanaman cabai bisa berupa pupuk organik ataupun pupuk anorganik.

pupuk daun tanaman cabai
foto: Trubus

Pemberian pupuk melalui daun dianggap lebih efektif karena zat nutrisi di dalam pupuk bisa terserap lebih mudah dibandingkan pemberian pupuk melalui akar. Namun, pemberian pupuk melalui daun tidak bisa dilakukan sembarangan karena dapat memengaruhi kinerja pupuk.

Pemberian pupuk daun pada tanaman cabai berfungsi untuk memenuhi kekurangan zat-zat tertentu yang tidak tersedia dari pupuk akar, menjaga agar tanaman tidak jenuh karena selalu diberikan pupuk akar yang berlebihan, dan menjaga struktur tanah agar tidak rusak karena pemberian pupuk buatan

Penggunaan pupuk daun harus dilakukan secara hati-hati, baik dari dosis, frekuensi maupun waktu pemberiannya. Biasanya, aturan pakai pupuk sudah tertera pada kemasan untuk memudahkan pengguna dalam menggunakannya. Oleh karena itu, jangan lupa membaca aturan pakai terlebih dahulu agar tidak salah menggunakannya.

Pupuk daun diberikan dengan cara disemprot ke daun. Penyemprotan pupuk harus dilakukan secara hati-hati agar pupuk tidak terbuang sia-sia dan bisa diterima oleh tanaman secara merata. Perhatikan jarak penyemprotan agar pupuk bisa membasahi seluruh permukaan daun tanaman.

Pemberian pupuk daun sebaiknya dilakukan pada pagi hari, saat cuaca sedang cerah dan sinar matahari tidak terlalu terik. Pupuk yang diberikan pada siang hari akan cenderung lebih mudah mengalami penguapan sehingga kandungannya tidak bisa diserap oleh daun secara sempurna.

Setelah tanaman sudah mengeluarkan bunga dan tunas baru, hentikan pemberian pupuk daun. Hal ini dikarenakan bunga dan tunas sangat peka terhadap benda asing. Tunas atau bunga rentan mati jika terkena semprotan pupuk.

Baca Juga:  Upaya Pemerintah untuk Mengatasi Stok Panen Lemon yang Mulai Menumpuk di Gudang

Penyemprotan bisa dilakukan kembali setelah tunas muda sudah menumbuhkan daun yang sudah cukup tua atau saat bunganya sudah berubah menjadi bakal buah.

Pupuk daun tidak boleh dicampur dengan bahan kimia lainnya karena bisa membahayakan tanaman. Anda bisa menambahkan bahan kimia jika di kemasan pupuk tertulis aman untuk dicampur dengan bahan kimia lain.


loading...