Cara Memberikan Pupuk pada Pohon Kopi yang Benar

Pertanianku — Pemberian pupuk pada pohon kopi memang penting, tetapi cara pemberian di waktu yang tepat juga sangat penting untuk dilakukan. Pupuk berguna untuk memperbaki kondisi tanaman, meningkatkan produksi dan mutu hasil, serta menstabilkan hasil produksi yang akan didapat. Jenis dan dosis pupuk yang optimal bisa didapatkan dari hasil analisis di lapangan. Anda bisa membaca lebih lanjut cara menganalisis jenis pupuk yang tepat pada buku Berkebun Kopi.

pupuk pada pohon kopi
foto: pexels

Lazimnya, pemupukan yang diberikan melalui tanah dilakukan pada saat air dalam tanah masih cukup basah. Jangan melakukan pemupukan melalui tanah pada musim kemarau. Pada musim kemarau, pemupukan tambahan dilakukan untuk mengatasi daun kopi yang tampak menguning dan pemberiannya dilakukan melalui daun.

Pupuk daun yang bisa digunakan adalah 100 gram urea + 100 gram garam inggris + 20 gram mangan sulfat + 2 ml Citowet yang dilarutkan ke dalam 10 liter air. Selanjutnya, pupuk diberikan dengan cara disemprot pada permukaan bawah daun kopi.

Loading...

Pemupukan sebaiknya dilakukan pada pagi hari hingga pukul 11:00 dan dilanjutkan sore hari mulai pukul 15:00. Hindari pemberian pupuk pada saat matahari sedang terik. Penyemprotan bisa dilakukan 3—5 kali dengan interval waktu 2 minggu sekali.

Pemberian pupuk pada pohon kopi umumnya dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pada awal musim hujan dan akhir musim hujan.

Pada awal musim hujan yang biasanya jatuh pada Oktober/November, pupuk diberikan sebanyak ½ dosis. Sementara, pada akhir musim hujan yang jatuh pada April/Mei, pupuk diberikan ½ dosis sisanya.

Cara pemberian pupuk yang Anda gunakan akan memengaruhi efektivitas serta efisiensi penyerapan pupuk oleh tanaman. Penyerapan akan berlangsung efektif jika diberikan pada lokasi yang sesuai, seperti pada perakaran tanaman kopi sehigga memaksimalkan unsur hara dalam pupuk meresap ke dalam akar tanaman dengan porsi pupuk yang lebih sedikit atau efisien, dibanding memberikan pupuk di tempat yang berbeda dengan porsi yang besar.

Baca Juga:  Langkah Mudah Mengatasi Hama yang Menyerang Daun Pohon Jati

Cara pemberian pupuk bisa Anda pelajari lebih lengkap dalam buku Berkebun Kopi yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya. Tak hanya pemberian pupuk, buku tersebut juga membahas seluruh rangkaian proses budidaya pohon kopi hingga menghasilkan biji kopi berkualitas.

 

 

 

 

Loading...
Loading...