Cara Memberikan Pupuk untuk Tanaman Sayur

Pertanianku — Salah satu persoalan yang sering tidak dipahami oleh penanam sayur adalah cara memberikan pupuk untuk tanaman sayur. Cara pemberian pupuk harus dilakukan dengan benar karena bisa memengaruhi kinerja pupuk yang diberikan. Bisa saja pupuk yang diberikan menjadi sia-sia atau tercuci oleh air hujan sehingga tidak bisa diserap oleh tanaman.

pupuk untuk tanaman sayur
foto: pertanianku

Sebenarnya, petunjuk untuk pemberian pupuk biasanya sudah tercantum di kemasan pupuk. Hanya saja, masih banyak yang kebingungan bagaimana cara memberikan pupuk untuk tanaman. Ada beberapa cara pemupukan yang biasa dilakukan. Cara pemupukan yang digunakan harus sesuai dengan jenis tanaman dan teknik budidaya yang diterapkan.

Berikut ini ulasan beberapa cara memberikan pupuk lebih lengkap.

Loading...

Pemupukan melalui akar tanaman

Sesuai dengan namanya, pupuk ini diberikan melalui akar tanaman. Pemberian melalui akar tanaman membuat kebutuhan tanaman dapat terpenuhi sehingga membuat tanaman menjadi subur dan bisa memberikan hasil yang memuaskan.

Ada 5 cara untuk memberikan pupuk melalui akar, yaitu larikan, ditugal, ditabur, dikocor, dan drip irrigation atau fertigasi. Pupuk diberikan secara larikan pada tanaman dengan jarak tanam yang lebar dan teratur seperti tanaman pangan dan buah. Pemupukan dilakukan dengan membuat parit kecil di samping barisan tanaman sedalam 6—10 cm. Selanjutnya, pupuk diletakkan di dalam larikan tersebut dan ditutup kembali.

Pupuk yang diberikan secara tugal dilakukan untuk tanaman buah dan sayur. Pupuk dimasukkan ke lubang tugal yang berada di samping tanah. Lubang tersebut dibuat sedalam 10—15 cm.

Pupuk yang diberikan secara tabur pada tanaman yang memiliki jarak tanam rapat dan tidak teratur seperti tanaman padi. Sementara itu, untuk pupuk yang diberikan secara dikocor bisa membantu proses penyerapan nutrisi berjalan lebih cepat dan mudah.

Baca Juga:  Cara Menanam Pepaya California di Pot

Pupuk yang diaplikasikan dengan cara drip irrigation dilakukan dengan melarutkan pupuk ke dalam air dan disiramkan ke tanaman melalui air irigasi. Sistem irigasi ini sudah dilakukan untuk tanaman hortikultura di lahan terbuka ataupun di green house.

Pemupukan lewat daun tanaman

Pupuk yang digunakan harus dilarutkan terlebih dahulu ke dalam air dengan konsentrasi tertentu, kemudian disemprotkan ke daun tanaman. Pemupukan ini dilakukan dengan alat penyemprot biasa.

 

Loading...
Loading...