Cara Membersihkan Sisik Ikan dengan Praktis

Pertanianku — Beragam jenis ikan, baik air tawar maupun air laut, memiliki kandungan gizi yang baik bagi kesehatan. Mengolah ikan pun relatif mudah dan bisa dimasak menjadi beragam jenis kuliner. Namun, keberadaan sisik ikan sering kali mengganggu. Berikut ini cara membersihkan sisik ikan yang patut dicoba.

cara membersihkan sisik ikan
Foto: pixabay

Sisik ikan sendiri adalah lapisan kulit keras dan berhelai pada ikan. Ikan pun memiliki jenis sisik yang berbeda-beda. Sisik pada ikan bertulang keras adalah jenis sisik leptoid. Bentuk sisik ini bisa berupa sisik sikloid yang memiliki tepi luar yang halus. Sisik tipe ini dimiliki oleh ikan salem dan karper. Sementara, jenis ikan ‘modern’ lainnya memiliki jenis sisik ktenoid, yakni sisik yang bergerigi di bagian luarnya.

Sisik ikan yang tersusun rapat ini memungkinkan aliran air yang lebih lancar bagi ikan. Dengan begitu, tubuh ikan pun akan mengurangi gesekan dengan air saat berenang. Namun, saat diolah, menghilangkan sisik ikan cukup sulit. Cara membersihkan sisik ikan bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya seperti berikut.

Loading...

Siapkan ikan yang akan dihilangkan sisiknya. Jika Anda baru hendak berbelanja ikan di pasar, pilihlah ikan yang masih segar. Semakin baru ikan tersebut, sisik akan semakin mudah dibersihkan. Sebaliknya, ikan yang sudah lama mati akan lebih sulit dibersihkan sisiknya.

Selanjutnya, rendam ikan dalam air garam yang dicampur dengan jeruk nipis. Gunakan air rendaman berupa air hangat. Cara ini selain memudahkan penghilangan sisik, juga bisa mengurangi bau amis pada ikan.

Gunakan talenan untuk memudahkan pembersihan sisik. Talenan yang terbuat dari kayu akan mengurangi licinnya ikan sebelum dihilangkan sisiknya. Ambil pisau yang akan digunakan untuk menyisik. Posisi pisau yang baik adalah dipegang oleh tangan yang kuat, yakni tangan kanan atau tangan kiri jika Anda kidal.

Baca Juga:  Hati-hati, Ini Bahaya Ikan Asin untuk Kesehatan

Satu tangan memegang pisau, sedangkan tangan lainnya memegang perut ikan. Dengan posisi miring tersebut, gesekkan pisau berlawanan dengan arah sisik. Lakukan secara hati-hati dan dengan perlahan. Gesekan yang terlalu kuat bisa mengakibatkan kulitnya terluka dan mengelupas terutama untuk ikan berkulit tipis.

Terakhir, cuci ikan di bawah air mengalir. Buka juga bagian perut ikan untuk membersihkan bagian dalam ikan.

 

Loading...
Loading...