Cara Membuat Air Terjun Cantik untuk Aquascape

Pertanianku — Memiliki aquascape di rumah tentu akan membuat hunian jadi lebih menarik. Selain itu, aquascape juga sangat bermanfaat untuk mengurangi stres setelah bekerja. Namun, pernahkah Anda melihat air terjun di dalam akuarium? Terlihat menarik ‘kan? Kira-kira bagaimana ya cara membuat air terjun cantik untuk aquascape seperti itu?

cara membuat air terjun cantik untuk aquascape
Foto: Google Image

Di bawah ini, langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membuat air terjun di dalam akuarium kesayangan Anda.

Bahan dan alat

Loading...
  • Pipa paralon berdiameter 1 inci, bisa ukuran 25 cm atau sesuai keinginan Anda untuk ketinggian air terjunnya
  • Sambungan paralon untuk belokan
  • Obeng (untuk melubangi paralon)
  • Selang aerator media penutup (untuk menutupi paralon serta jadi media jatuhnya pasir, bisa berupa batu-batuan, kayu, atau menurut kreasi Anda sendiri)
  • Aerator (pembangkit hawa/gelembung)

Proses pengerjaan

Membuat rongga di ujung paralon untuk tempat pasir masuk. Membuat lubang seukuran selang di pojok belokan (di tengah-tengah) sambungan belokan paralon pvc dengan obeng yang dipanaskan. Masukkan selang ke lubang yang telah dibuat tadi di ujung paralon pvc. Gunakan aerator di ujung selang, serta taruh di ujung bawah paralon pvc.

Pastikan ujung aerator sejajar dengan dasar paralon. Masukkan ke air, kemudian nyalakan aerator. Jika air dapat menyembur dari ujung paralon, pertanda berhasil. Setelah itu, tinggal letakkan di ujung bawah paralon pasir lembut.

Tunggu sebentar hingga pasir terangkat dan jatuh di sekitar paralon. Agar pasir tidak berhamburan dan bisa terkumpul lagi, buatlah wadah penampungnya. Buatlah wadah sedemikian rupa hingga pasir balik lagi terisap paralon. Anda juga bisa mengkreasikannya sesuai keinginan Anda sendiri untuk mempercantik aquascape.

Loading...
Loading...