Cara Membuat Bakso Ikan Gabus

Pertanianku — Ikan gabus termasuk salah satu jenis ikan yang bisa digunakan untuk membuat bakso. Gabus mengandung albumin yang dapat mempercepat penyembuhan luka. Ikan ini sering dicari oleh orang-orang sehabis operasi agar lukanya cepat sembuh. Tak hanya bisa dikonsumsi dengan cara biasa seperti digoreng atau sebagainya, ikan gabus pun lezat diolah menjadi bakso ikan gabus.

Bakso ikan gabus
foto: Freepik

Cara pembuatan bakso ikan gabus sangat mudah. Bahan-bahan yang digunakan pun tidak sulit didapatkan. Berikut ini bahan-bahan dan cara membuat bakso ikan gabus.

Bahan-bahan:

  • Daging ikan gabus 50 gram
  • Telur ayam kampung bagian putih 1 butir
  • Tepung sagu 1 sendok makan
  • Air 40 cc
  • Garam secukupnya

Cara membuat:

  1. Haluskan daging ikan gabus.
  2. Campurkan daging ikan gabus dengan telur, garam, dan tepung sagu.
  3. Buat adonan menjadi bulatan seperti bakso umumnya.
  4. Masukkan bakso ke rebusan air hingga mengapung.

Saran penyajian:

  1. Hidangkan bakso dengan kuah.
  2. Tambahkan mi kuning dan bayam sebagai pelengkap.
  3. Taburi bakso dengan irisan daun seledri dan daun bawang.

Resep ini bisa Anda tiru di rumah untuk dihidangkan kepada keluarga. Bakso lezat ikan gabus mengandung energi 85,3 kkal, protein 15,2 gram, lemak 2,7 gram, karbohidrat 5,5 gram, dan kolesterol 77,3 mg.

Ikan gabus mempunyai banyak manfaat seperti mencegah penyakit kanker, stroke, gagal ginjal, diabetes melitus, dan mempercepat masa pemulihan setelah operasi. Di dalam 100 gram ikan gabus mengandung air sebanyak 79,6 gram, energi 80 kkal, protein 16,2 gram, lemak 0,5 gram, karbohidrat 2,6 gram, abu 1,1 gram, kalsium 170 mg, fosfor 139 mg, besi 0,1 mg, natrium 65 mg, kalium 254 mg, tembaga 0,30 mg, seng 0,4 dan lain-lain.

Baca Juga:  Yoghurt dari Kedelai