Cara Membuat Bakso Ikan Lele

Pertanianku — Bakso merupakan produk olahan campuran antara daging lumat dan tepung tapioka. Tekstur dan warna bakso pada umumnya tergantung pada daging yang digunakan. Bakso ikan lele memiliki tekstur yang kenyal dan berwarna abu-abu.

bakso ikan lele
foto: pixabay

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bakso ikan lele adalah 1 kg daging lumat lele, 15 persen tepung tapioka, 2 persen garam halus, 0,5 persen gula halus, 3 persen bawang putih, 0,5 persen lada halus dan 0,5 persen sodium tripolyphosphate (STPP), 0,2 persen putih telur serta air secukupnya.

Adapun alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat bakso ikan lele adalah alat untuk membersihkan dan mem-fillet daging lele (pisau, talenan, dan ember), peralatan penggilingan untuk melumatkan daging lele, pengaduk berupa mixed/food processor, mesin cetak bakso, alat perebus, baskom dan mesin pengemas seperti sealer dan plastik.

Loading...

Tingkat kesegaran daging dan pemilihan tepung sangat berpengaruh terhadap tekstur bakso ikan. Penggunaan tepung tapioka yang telah dimodifikasi akan menyebabkan tekstur bakso kenyal, kompak, dan berair. Hal ini disebabkan tepung tapioka yang telah dimodifikasi mengalami proses sehingga memiliki sifat yang berbeda dari sifat tepung tapioka asli.

Apabila Anda ingin membuat kulit bakso lebih kering tidak seperti kulit bakso pada umumnya yang lembut dan memiliki rasa yang lebih gurih, Anda dapat menambahkan tepung maizena.

Proses pengolahan bakso ikan lele terdiri atas empat tahap, yaitu pelumatan daging, pengadukan adonan, pencetakan, dan pemasakan. Suhu selama proses pengolahan harus tetap stabil agar mendapatkan tekstur yang kenyal. Simak cara pembuatan bakso ikan lele.

  1. Bersihkan terlebih dahulu ikan lele, lalu fillet daging ikan lele dari tulangnya.
  2. Lumat daging menggunakan penggilingan.
  3. Masukkan daging yang sudah lumat ke baskom, lalu tambahkan garam halus dan aduk hingga membentuk adonan yang kenyal.
  4. Tambahkan STPP dan tepung tapioka serta air es sedikit demi sedikit untuk menjaga suhu tetap stabil selama pengadukan.
  5. Tambahkan bumbu-bumbu seperti bawang putih, gula, lada, dan penyedap rasa secara bertahap.
  6. Aduk adonan di dalam mixed/food processor selama 10—15 menit.
  7. Cetak adonan dengan tangan atau menggunakan alat pencetak dan masukkan adonan yang telah dicetak ke wadah berisi air (suhu 40°Celcius).
  8. Rebus adonan bakso yang telah dicetak selama 20 menit dengan suhu yang bertahap. Mula-mula dengan suhu 40—60°Celcius.
  9. Pindahkan adonan bakso ke air mendidih dan masak selama 15 menit atau sampai bakso mengapung ke permukaan air yang menandakan bahwa bakso telah matang.
  10. Bakso yang telah matang didinginkan setelah itu siap dikemas.
Baca Juga:  Tahapan Proses Pembesaran Sidat
Loading...
Loading...