Cara Membuat Bibit Sambungan Pohon Buah

Pertanianku — Ada banyak cara untuk memperbanyak pohon untuk menghasilkan bibit. Setiap cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan tidak selalu bisa digunakan untuk semua jenis pohon. Salah satu perbanyakan yang sering digunakan adalah bibit sambungan pohon buah.

bibit sambungan
foto: pertanianku

Perbanyakan yang dilakukan melalui bibit sambungan pohon buah termasuk perbanyakan vegetatif. Kelebihan dari penggunaan bibit sambungan adalah dapat menurunkan karakter unggulan dari induk sehingga menghasilkan pohon yang sudah diketahui keunggulannya. Oleh karena itu, Anda harus memilih pohon indukan yang berkualitas.

Siapkan seluruh sarana prasarana yang mendukung terlebih dahulu seperti gunting pangkas, tali rafia, dan kantong plastik transparan. Selain itu, siapkan juga media tanam dan batang atas serta batang bawah.

Loading...

Cara membuat bibit sambungan dengan bibit okulasi tidak jauh berbeda, pada dasarnya hampir mirip, yaitu sama-sama menyambungkan dua batang untuk menghasilkan bibit baru. Berikut ini cara membuat bibit sambungan yang bisa Anda ikuti.

  1. Potong bibit batang bawah pada ketinggian 10—20 cm di atas tanah. Jika Anda melakukannya pada pohon durian, potong sekitar 5 cm di atas cincin bekas melekatnya kotiledon.
  2. Belah ujung batang bawah sedalam 1—3 cm hingga membentuk huruf V agar mudah menyambung batang atas.
  3. Potong cabang entres atau cabang atas dari pohon induk. Runcingkan pada bagian dasar entres seperti membentuk mata tombak agar bisa dimasukkan ke ujung batang bawah yang berbentuk V.
  4. Siapkan batas atas ke dalam celah V pada bagian bawah. Sisipkan dengan cermat agar kambium batang atas menyentuh kambium batang bawah, meskipun hanya satu sisi. Kambium yang saling bersentuhan merupakan kunci keberhasilan sambungan tersebut.
  5. Balut sambungan dengan tali rafia dari bahan ke atas hingga benar-benar rapat dan erat.
  6. Tutup bibit yang sudah disambung dengan kantong plastik transparan agar lembap. Kemudian, simpan bibit di bawah naungan agar proses sambungan berjalan dengan lanca Buka sungkup batang jika batang atas sudah ditumbuhi tunas baru. Biasanya, tunas baru akan muncul setelah 1—1,5 bulan.
Baca Juga:  Langkah Mudah Mengatasi Hama dan Penyakit Pohon Jambu Air Madu Deli

 

 

Loading...
Loading...