Cara Membuat Biskuit Pakan dari Klobot Jagung

Pertanianku — Klobot jagung merupakan limbah dari perkebunan jagung yang kerap dijadikan pakan ternak. Jumlahnya yang sangat banyak membuat persediaan pakan melimpah. Namun, klobot jagung mudah busuk karena klobot merupakan bahan segar. Untuk mempertahankan kandungan gizinya, klobot jagung dapat dibuat menjadi biskuit pakan ternak yang tahan lama. Cara membuat biskuit pakan dari klobot pun cukup mudah, bisa dipraktikkan sendiri oleh peternak.

biskuit pakan dari klobot
foto: pertanianku

Klobot jagung mengandung protein kasar sebesar 7,84 persen, lemak kasar 0,65 persen, serat kasar 32,25 persen, kalsium 0,21, dan fosfor 0,44 persen. Klobot jagung memiliki tingkat kecernaan yang lebih tinggi dibandingkan dengan daun dan tongkol jagung. Klobot pun bisa digunakan untuk menggantikan rumput gajah untuk pakan ternak ruminansia karena nilai kecernaannya hampir sama seperti rumput gajah.

Klobot merupakan kulit jagung yang melindungi biji serta tongkol jagung. Bagian yang sering menjadi limbah ini tidak terlalu susah untuk dikunyah oleh ternak.

Loading...

Cara pembuatan biskuit pakan dari klobot terbilang cukup mudah, bahan yang dibutuhkan hanya klobot jagung dan molasses sebagai perekat. Simak ulasan lebih lanjut mengenai cara membuat biskuit pakan dari klobot jagung.

Bahan-bahan:

  • Klobot jagung 100 kg
  • Molasess secukupnya

Cara membuat:

  • Klobot jagung yang sudah dikumpulkan dicacah hingga berukuran lebih kurang 5 cm
  • Cacahan klobot dijemur selama tiga hari hingga kadar air di dalamnya menjadi 14 persen
  • Giling klobot yang sudah kering menjadi halus
  • Campurkan klobot yang sudah halus dengan molasses hingga merata
  • Masukkan bahan yang sudah dicampur ke cetakan biskuit, kemudian dipres
  • Panaskan dengan elemen panas selama 5 menit dengan suhu 95°C
  • Dinginkan biskuit pada suhu kamar, kemudian kemas biskuit dalam kemasan agar daya simpannya menjadi lebih lama serta kualitasnya lebih terjaga
Baca Juga:  Kemendag Lakukan Diversifikasi Rempah Indonesia untuk Tingkatkan Ekspor

Pemberian pakan ini dapat dilakukan sebagai pengganti hijauan dan diberikan sebanyak 3 persen dari bobot badan dan kebutuhan bahan kering ternak.

Keuntungan dari pembuatan biskuit ternak adalah bisa disimpan dalam jangka waktu lama sehingga bisa menjadi stok pakan untuk musim kemarau. Selain itu, cara penyimpanan pakan ini sangat mudah dan tidak memerlukan ruang yang besar.

Loading...
Loading...