Cara Membuat Bonsai Beringin yang Cantik


Pertanianku — Berkebun di rumah selalu menjadi hal yang menyenangkan. Selain membuat rumah jadi lebih sejuk, keberadaan kebun di rumah juga dapat dijadikan sarana melepas stres. Salah satu yang dapat Anda lakukan untuk membuat kebun di rumah, yaitu dengan membuat bonsai beringin yang cantik dan enak dipandang.

membuat bonsai beringin
Foto: Shutterstock77

Bonsai merupakan tanaman yang telah diberi perlakuan sedemikian rupa sehingga bentuknya jauh lebih kecil dibandingkan dengan aslinya. Tanaman bonsai biasanya di tanam di dalam pot. Tidak semua tanaman dapat dijadikan bonsai. Namun, yang paling terkenal adalah bonsai beringin.

Anda yang masih belum pernah tahu pasti akan bingung, pohon beringin yang besar dan tinggi bisa dibuat ukuran kecilnya, bahkan dengan bentuknya bisa lebih menarik dibanding aslinya. Berikut ini langkah-langkah sederhana membuat bonsai beringin.

  1. Alat dan bahan

Pertama, sipakan bonggol pohon beringin. Pilihlah bonggol yang berukuran sedang dan memiliki pola unik. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan bahan-bahan lain yang diperlukan, seperti media tanam berupa tanah, gunting khusus tanaman, kawat ukuran 3 mm, dan pot yang besarnya bisa disesuaikan dengan ukuran bonsai yang ingin Anda buat.

  1. Persiapan media tanam

Untuk membentuk bagian batang yang cantik, sebaiknya Anda menggunakan media tanam yang memiliki struktur padat dan memiliki sedikit unsur hara. Hal ini untuk mendapatkan batang ideal. Anda bisa gunakan tanah dan sedikit batu-batu kecil.

  1. Pembuatan pola

Selanjutnya, buat pola bonsai beringin. Untuk mendapatkan pola yang Anda inginkan, Anda harus mengikat batang bonsai menggunakan kawat. Kawat berfungsi sebagai penahan batang untuk membentuk pola tertentu. Lama pembentukan pola bonsai ini tidak bisa dipastikan, tergantung dari kualitas bonggol pohon yang Anda gunakan.

Baca Juga:  Faktor Pendukung Media Tanam Sukulen yang Baik

Tentu untuk mendapatkan pola yang bagus, Anda tidak boleh sembarangan melilit kawat pada bonsai. Anda bisa melilitkan kawat melingkar dari pangkal hingga ujung batang. Anda harus membuat lilitan yang kencang. Untuk membuat batang tidak patah, saat melilit kawat, Anda bisa menggunakan tang.

  1. Proses pemupukan

Jika bonsai sudah Anda letakkan di dalam pot dan media tanam, langkah selanjutnya ialah proses pemupukan. Unsur yang harus terkandung dalam pupuk di antaranya nitrogen, fosfor, dan potassium. Jangan gunakan pupuk yang mengandung unsur hara tinggi, agar bonsai tidak tumbuh terlalu besar.

  1. Proses perawatan

Pada tahapan ini, pohon bonsai beringin Anda sudah bisa dibiarkan saja. Pohon bonsai perlu beradaptasi terhadap media tanam yang baru. Proses ini berlangsung kurang lebih 2—3 minggu. Pada masa ini, Anda tidak perlu lagi memberikan pupuk. Anda cukup menyiram air setiap pagi dan malam hari, dan letakkan bonsai beringin pada area yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Tips

Setelah bonsai beringin sudah memiliki pola seperti yang Anda inginkan, Anda tetap harus rajin memangkas akar bonsai. Hal ini tentunya untuk menjaga pola bonsai beringin tersebut. Pemangkasan juga dilakukan pada daunnya. Lakukan pemangkasan ini secara berkala untuk memperoleh bonsai beringin yang cantik.