Cara Membuat Bunga Kering yang Menawan

Pertanianku Bunga kering menjadi salah satu karya yang disukai oleh banyak orang karena memiliki nilai seni tersendiri meskipun sudah mengering dan aromanya sudah tidak semerbak bunga segar. Bunga ini pada dasarnya adalah bunga alami yang masih segar, tetapi diproses sedemikian rupa untuk mengeringkannya.

bunga kering
foto: pixabay

Karena bisa awet dan tahan lama, banyak orang yang menyalahartikan bunga ini merupakan bunga palsu atau bunga artifisial. Bunga kering sebenarnya adalah bunga segar yang dikeringkan dengan teknik tertentu. Sementara itu, bunga artifisial merupakan bunga yang terbuat dari berbagai macam bahan dan dibentuk hingga mirip dengan bunga aslinya. Bahan yang biasa digunakan untuk membuat bunga artifisial adalah kelobot jagung, daun lontar, pelepah pisang, biji-bijian, kain kasa, dan lain-lain.

Pada dasarnya, bunga segar memang sangat indah, memiliki variasi warna yang menawan dengan aromanya yang harum. Terkadang, aroma bunga segar sering menjadi incaran para pembeli untuk menenangkan tubuh.

Loading...

Namun, bunga segar tidak bisa bertahan lama. Jika disimpan di dalam vas berisi air pun, hanya bisa bertahan paling lama 7 hari. Setelah itu, bunga akan layu, membusuk, dan sudah tidak bagus dipajang.

Untuk mempertahankan keindahan bunga segar, banyak pengrajin yang mulai mengeringkan bunga tersebut dengan berbagai teknik. Tujuannya adalah agar bentuk bunga bisa dinikmati lebih lama. Keindahan bunga kering juga bisa dijadikan rangkaian bunga atau menjadi elemen tambahan dalam bentuk suvenir atau dijadikan tambahan dekoratif interior dan eksterior.

Alat yang digunakan untuk mengeringkan bunga adalah wadah plastik atau stainless, gunting biasa, tang berujung lancip, gunting khusus ranting, lem tembak, tali, floral tape, kayu atau ranting untuk menggantung bunga, dan kawat.

Baca Juga:  Pentingnya Menjaga Sanitasi dan Higienitas dari Produk Olahan Ikan

Pengeringan dan pewarnaan bunga juga dilakukan dengan bahan-bahan kimia. Bahan yang dibutuhkan adalah butir-butir kristal biru silica gel, larutan gliserin, larutan peroksida, desain master, cat semprot, dan pewarna tekstil.

Untuk merangkai dan menyimpan bunga yang sudah kering, Anda membutuhkan blok foam kering untuk menancapkan bunga kering. Sementara itu, untuk mempertahankan unsur alaminya, bunga dan daun yang digunakan harus benar-benar bagus dan disiapkan dengan hati-hati.

 

Loading...
Loading...