Cara Membuat Cabai Panen Tiap Hari

Pertanianku— Anda bisa membuat kebun cabai panen tiap hari dengan sistem panen yang dilakukan dengan mengatur penanaman pohon cabai di setiap blok dengan interval 60 hari. Tentunya, jika Anda bisa membuaat kebun cabai panen setiap hari, pasokan cabai yang akan dijual dapat selalu terjaga, proses jual beli pun akan berjalan lancar.

cabai panen tiap hari
foto: pixabay

Pola penanaman ini dibuat berdasarkan lama panen pohon cabai dalam satu periode tanam yang berlangsung selama 2 bulan. Setelah dua bulan panen, pohon cabai tidak akan produktif lagi dan harus diganti dengan tanaman baru.

Apabila antarblok penanaman dilakukan penanaman dengan interval 2 bulan, kebun bisa terus menghasilkan panen cabai sepanjang tahun. Namun, dengan catatan bahwa Anda memiliki 6 blok penanaman.

Loading...

Blok-blok penanaman tersebut bisa dibuat dengan luas yang disesuaikan dengan luas lahan yang tersedia. Atau, Anda juga bisa membuat luas blok penanaman sesuai dengan hasil yang ingin didapatkan dengan mempertimbangkan kondisi permintaan setiap bulannya.

Untuk skala komersial, satu blok penanaman bisa seluas 1—4 hektare hingga 6—24 hektare, bergantung pada luas lahan yang dimiliki dan permintaan pasar.

Sementara itu, untuk Anda yang ingin menanam cabai hanya untuk kebutuhan rumah tangga, tanaman cabai bisa ditanam di dalam pot yang diletakkan pada blok-blok penanaman. Satu blok penanaman biasanya bisa memuat hingga 10 pot.

Tahap awal budidaya dilakukan dengan mengolah lahan dan melakukan pembibitan hingga bibit siap ditanam di lahan atau pot. Bibit yang sudah dewasa ditanam di blok ke-1. Selanjutnya, setelah tanaman berumur 2 minggu di blok pertama, Anda sudah bisa melakukan pengolahan lahan dan dilanjutkan penanaman bibit di blok kedua.

Proses budidaya terus berlangsung hingga sampai di blok ke enam dan diulang kembali ke blok pertama. Saat panen sudah selesai di blok pertama, sudah ada blok kedua yang sudah siap dipanen dan tanaman di blok ketiga yang baru saja ditanam. Cara ini terbilang cukup efisien untuk menjaga lahan agar tetap produktif sepanjang tahun.

Baca Juga:  Tren Urban farming di Asia

 

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...