Cara Membuat Gluten atau Daging Sintetis ala Vegan dan Vegetarian

Pertanianku — Bagi Anda yang mungkin akan mencoba menjadi vegetarian atau sekadar ingin mencicipi rasa dari gluten, Anda bisa juga membuatnya sendiri di rumah. Yuk, simak ulasan tentang cara membuat gluten seperti berikut ini.

cara membuat gluten
Foto: Google Image
  1. Perhatikan pemilihan bahan

Jika Anda belum tahu, bahan utama pembuatan gluten adalah tepung terigu. Akan tetapi, perlu diperhatikan, tepung yang digunakan pun tak bisa sembarangan. Anda harus menggunakan tepung terigu protein tinggi.

Bahan lain untuk membuat gluten adalah garam dan air. Beberapa orang juga ada yang mencampurnya dengan minyak sayur atau canola, tapi sesuaikan dengan selera Anda.

Loading...
  1. Campur semua adonan secara perlahan

Saat mencampur adonan gluten, Anda harus melakukannya secara bertahap. Dimulai dari mencampur bahan kering, lalu tambahkan air sedikit demi sedikit sampai adonan kalis dan cukup keras. Uleni sampai semua bahan tercampur rata. Untuk takaran tepung dan garam adalah 1:1 atau 1 kg tepung cukup dicampur dengan 1 sendok makan garam. Sementara, takaran air tentunya disesuaikan dengan kebutuhan saat menguleninya supaya kalis.

  1. Diamkan adonan gluten selama beberapa jam

Setelah adonan kalis, Anda tak bisa langsung menggunakannya. Anda harus menyimpannya selama kurang lebih 6 jam dalam baskom yang ditutup dengan kain basah agar tekstur gluten menjadi kenyal dan bagus.

  1. Cuci adonan gluten dengan benar

Salah satu hal unik dan menarik dari pembuatan gluten adalah pencucian adonan kalis yang sudah didiamkan. Hal tersebut bertujuan melunturkan sari pati yang terdapat dalam tepung. Meski begitu, ada trik khusus saat mencuci adonan tadi. Adonan harus dicuci di bawah air mengalir sambil diperas dengan kencang sampai adonan berubah warna jadi kekuningan dan kenyal seperti karet.

Baca Juga:  Resep Sambal Serai Sederhana, Coba Pasti Ketagihan

Indikator lainnya adalah sampai warna air bekas cucian berubah jadi bening atau jernih, yang menandakan sudah tidak ada kandungan patinya. Diamkan adonan dalam mangkok kembali selama setengah jam.

  1. Rebus adonan gluten

Terakhir, Anda bisa mencetak adonan gluten sesuai dengan bentuk yang Anda inginkan, lalu rebus selama 1—3 jam dengan api kecil sampai gluten benar-benar matang. Agar lebih nikmat, tambahkan bubuk kaldu sesuai rasa yang Anda inginkan.

Misalnya bubuk kaldu ayam untuk gluten rasa ayam, bubuk kaldu sapi untuk gluten rasa sapi, atau kaldu jamur bagi Anda yang vegetarian. Aneka bumbu dan rempah juga bisa ditambahkan seperti geprekan jahe, lengkuas, atau daun salam. Gluten pun siap diolah menjadi aneka makanan lezat.

Loading...
Loading...