Cara Membuat Hand Sanitizer dari Biji Pinang

Pertanianku — Selama pandemi Covid-19 masih berlangsung, masyarakat pun masih membutuhkan hand sanitizer untuk memudahkan proses membersihkan tangan ketika tidak ada sabun cuci tangan. Melihat tingginya kebutuhan masyarakat terhadap hand sanitizer, Peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) di Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma) merilis hand sanitizer dari biji pinang.

hand sanitizer
foto: Pixabay

Hand sanitizer biji pinang terbuat dari bahan-bahan alami yang aman untuk kulit, seperti nira aren dan biji pinang. Nira aren dapat menghasilkan kadar alkohol sekitar 30—40 persen setelah difermentasi dan didestilasi. Kadar alkohol tersebut masih bisa meningkat setelah didestilasi sehingga kadar alkoholnya menjadi sebesar 60 persen, standar minimal yang dipersyaratkan CDC (Centres for Disease Control and Prevention).

Biji pinang dalam ramuan hand sanitizer ini berfungsi untuk menghambat pertumbuhan jamur, antibakteri, serta sebagai antiseptik alami karena mengandung saponin, flavonoid, dan tannin. Fungsi tersebut sebelumya dipenuhi oleh triclosan.

Permasalahan yang kerap timbul akibat penggunaan hand sanitizer adalah kulit di telapak tangan menjadi kering dan mengelupas. Permasalahan tersebut bisa diatasi dengan penambahan virgin coconut oil (VCO). VCO merupakan minyak kelapa murni yang diproses dari kelapa segar dan mengandung asam lemak yang bagus untuk kulit.

VCO berfungsi melembapkan kulit serta menghambat pertumbuhan bakteri E.coli. Dengan begitu, hand sanitizer biji pinang mampu menghilangkan virus dan bakteri yang menempel di permukaan kulit serta menjaga kesehatan kulit agar tetap lembut.

Berikut ini bahan-bahan yang dibutuhkan serta cara pembuatan hand sanitizer biji pinang.

Bahan-bahan:

  • 70 ml bioethanol 86 persen
  • 10 ml infusa biji pinang 2 persen
  • 1 ml VCO
  • 19 ml akuades

Cara membuat:

  • Panaskan biji pinang yang sudah ditambahkan akuades selama 15 menit terhitung sejak suhu mencapai 90°C
  • Saring hasil infusa dengan kertas saring dan simpan di wadah tertutup
  • Tambahkan VCO ke dalam bioethanol hasil destilasi nila aren, lalu aduk hingga larut
  • Tambahkan infusa biji pinang dan akuades, aduk hingga tercampur merata
  • Masukkan larutan tersebut ke  dalam botol spray
Baca Juga:  Jenis-jenis Tabulampot yang Cukup Sulit Berbuah

loading...