Cara Membuat Jus Kulit Buah Manggis

Pertanianku — Sudah menjadi rahasia umum kulit manggis memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Warnanya yang ungu pekat dapat menyembuhkan berbagai jenis macam penyakit yang sedang diderita. Anda bisa merasakan khasiat tersebut dengan membeli ekstrasi kulit buah manggis. Atau, jika memiliki buah manggis di rumah, Anda bisa membuat jus kulit buah manggis sendiri.

jus kulit buah manggis
foto: pixabay

Kulit manggis dapat melawan berbagai macam jenis penyakit, seperti kanker payudara, kanker usus, kanker prostat, kanker getah bening, diabetes mellitus, paru-paru, stroke, asam urat, hipertensi, dan HIV/AIDS.

Selain itu, kulit buah manggis dapat berperan untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menyembuhkan peradangan, memperbaiki komunikasi antarsel, mengoptimalkan fungsi kelenjar gondok, membantu sinergi tubuh, membantu penyembuhan luka, mengurangi sisik dan gatal pada penyakit kulit, serta menghilangkan asam urat pada penderita rematik.

Loading...

Kulit manggis diyakini mengandung anti-oksidan yang kuat serta dapat menghasilkan xanthone, yaitu zat yang terbentuk dari hasil isolasi kulit buah manggis. Xhantone berperan sebagai antibakteri dan antivirus yang dapat melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit serta radikal bebas yang membahayakan tubuh.

Anda bisa membuat jus kulit buah manggis sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah. Jus kulit manggis akan terasa pahit dan tidak enak. Namun, jangan membayangkan rasanya yang tidak enak, Anda harus mempertimbangkan kandungan gizi yang ada di dalamnya. Berikut ini langkah pembuatannya.

  1. Siapkan potongan kulit manggis matang yang segar dan tidak mengalami kerusakan serta tidak berjamur.
  2. Buang bagian tangkai dan bawah. Kupas tipis bagian kulit luar dan ambil bagian dalamnya. Usahakan jangan terkena bagian dalam hitam kulit manggis atau bagian luar dan jangan sampai getahnya ikut terambil. Getah tersebut dapat menyebabkan jus menjadi sangat pait. Lalu, cuci bersih.
  3. Potong kecil-kecil kulit dan kemudian masukkan ke blender. Tambahkan 2 gelas air dan haluskan hingga benar-benar hancur.
  4. Saring hasil blender hingga menyisakan ampas di saringan. Diamkan jus kulit buah manggis selama 2 jam hingga tannin (bagian yang terasa pahit) mengendap di bagian bawah gelas.
  5. Ambil bagian atasnya dan buang bagian bawahnya. Anda juga bisa mencampur jus tersebut dengan susu kental cokelat bubuk, alpukat, gula, dan es agar terasa lebih nikmat.
  6. Jus kulit buah manggis siap untuk disajikan.
Baca Juga:  Ramuan Herbal untuk Menyembuhkan Varises

 

 

 

Loading...
Loading...