Cara Membuat Kandang Puyuh Modern

Pertanianku — Beternak puyuh merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Telur dan dagingnya bisa Anda jual dan memiliki harga yang lumayan tinggi. Namun, untuk beternak burung puyuh, Anda memerlukan kandang. Anda bisa membuat kandang puyuh modern supaya hasil ternak Anda maksimal. Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan berikut.

membuat kandang puyuh modern
Foto: Google Image
  1. Alas kandang

Untuk alas kandang burung puyuh yang berumur sekitar 1—7 hari, sebaiknya dibuat dari kawat kasa atau koran/kertas yang bertekstur kasar. Sementara, buat burung yang sudah berusia dua minggu, alas kandang yang paling baik ialah dari bahan kawat ram sekitar 1 cm. Selain itu, alas kandang burung dewasa dapat juga dibuat dari bahan bambu yang dijejerkan merapat agar tak menjepit kaki burung.

  1. Dinding kandang

Dinding kandang, terutama pada bagian-bagian yang krusial (bagian depan) sebaiknya dibuat dari bahan kawat ram/bambu. Dengan demikian, Anda bisa mengontrol keadaan burung yang berada dalam kandang itu dengan mudah. Jangan sekali-kali membuat bagian depan kandang dari bahan papan atau tripleks. Sebab, hal ini nantinya akan mempersulit Anda dalam mengontrol keadaan burung.

Loading...
  1. Pintu kandang

Untuk membuat pintu kandang, terutama membuat bingkainya, sebaiknya Anda menggunakan besi, kayu, atau bambu. Sementara, untuk bagian dalamnya kita tetap menggunakan kawat ram. Dalam membuat pintu kandang, Anda harus memerhatikan kemudahan tutup bukanya. Ini dapat Anda siasati dengan menggunakan engsel kupu-kupu atau engsel bubut pada bagian pintu.

Pembuatan pintu ini harus memenuhi beberapa syarat, seperti harus mudah digunakan untuk memasukkan makanan, minuman, dan keperluan puyuh lainnya. Jika pintu sudah dibuat sedemikian rupa, aktivitas pemberian pakan, minuman, penangkapan burung puyuh, dan pembersihan kandang pun jadi lebih mudah dilakukan.

Baca Juga:  Begini Cara Menangani Daging dan Hewan Kurban Menurut Kementan
Loading...
Loading...